JAKARTA - Pelaksanaan Shalat Jumat di Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, hari ini (5/6/2020), menerapkan jaga jarak antarjamaah. Sebagian jamaah tidak tertampung di dalam dan pekarangan masjid sehingga melimpah ke trotoar. Dikutip dari Sindonews.com, di area masjid yang dibangun sejak zaman Belanda itu, pengelola menerapkan aturan jaga jarak antarjamaah satu meter. Jamaah juga diharuskan menggunakan masker dan membawa sajadah sendiri.

Wicaksono, salah seorang jamaah mengaku senang dengan sudah adanya pelaksanaan Shalat Jumat ini. ''Alhamdulillah, perdana Shalat Jumat di Jakarta nih. Sebelumnya kan kita diimbau untuk Shalat Zuhur di rumah saja,'' ujarnya, Jumat (5/6/2020).

Dia membawa sajadah dan menggunakan masker. ''Gak apa-apalah supaya menjaga agar tidak nyampur dengan lainnya,'' sambungnya.

Mukhlis, jamaah yang shalat di trotoar mengaku, sulit mencari masjid yang mengadakan Shalat Jumat hari ini di Jalarta. ''Ya saya muter-muter tadi dari arah Gambir masih ada yang belum menggelar Shalat Jumat, ke sini (Masjid Cut Meutia) eh sudah membeludak begini,'' ujarnya.

Seusai Jumatan, para jamaah diminta segera meninggalkan masjid dengan tertib agar tidak terjadi kerumunan.***