MEDAN- Grab,aplikasi serba bisa terkemuka di Indonesia baru saja meluncurkan GrabMart, layanan pengantaran on-demand untuk kebutuhan harian dengan menggandeng PD Pasar Kota Medan, P3TSU (Persatuan Pedagang Pasar Tradisional Sumatera Utara), dan Pemerintah Kota Medan. Peresmian yang diadakan di Pasar Sikambing ini turut dihadiri oleh Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan beserta jajarannya.

Melalui GrabMart, masyarakat dapat dengan mudah membeli berbagai kebutuhan harian dari pedagang di berbagai pasar tradisional di Medan untuk menyambut new normal di masa pandemi ini.

GrabMart tentunya juga memperhatikan protokol kesehatan yang diperlukan untuk menjaga kebersihan dan keamanan bagi para pelanggan, termasuk dengan penggunaan masker dari mitra pengemudi dan juga penjagaan jarak aman dengan menggunakan pengantaran tanpa kontak. Bagi para pedagang pasar, GrabMart dapat membantu mereka menjangkau lebih banyak pelanggan dengan berjualan secara online.

Dikayakan Jekson Situmorang, City Manager GrabMart Medan, Grab Indonesia sejak awal Grab terus mematuhi dan mendukung upaya pemerintah dalam melandaikan kurva penyebaran virus Covid-19 dengan menghadirkan berbagai inovasi yang membantu kebutuhan harian masyarakat, salah satunya dengan GrabMart.

"Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan PD Pasar Kota Medan dan menyediakan platform bagi para pedagang di pasar tradisional untuk berjualan secara online. Melalui GrabMart, masyarakat juga dipermudah dalam hal berbelanja kebutuhan harian tanpa perlu datang ke pasar. Kami berharap dapat terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dengan terus memperhatikan protokol kesehatan yang diperlukan dan turut mendorong roda perekonomian para pedagang pasar tradisional sejalan dengan misi GrabForGood kami,” jelasnya, Kamis (4/6/2020).

Sementara itu, H. Nasib Purba, Plt Direktur Utama PD Pasar Kota Medan menyambut baik kerja sama yang terjalin antara Grab dan PD Pasar Kota Medan. Pihaknya sangat mendukung adanya kerjasama dengan Grab di Medan karena dapat membantu mengurangi interaksi di dalam pasar.

"Kami sendiri telah menerapkan protokol keamanan dan kebersihan di masing-masing pasar melalui bantuan tempat cuci tangan di pintu masuk pasar dan kewajiban pemakaian masker untuk para pedagang di dalam pasar. Kehadiran GrabMart tentu dapat turut membantu pedagang kecil pasar tradisional untuk bertahan di tengah sulitnya masa pandemi ini dan membantu masyarakat untuk berbelanja kebutuhan dengan mudah dan aman," jelasnya.

Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan yang turut hadir di Pasar Sei Sikambing untuk meninjau kepatuhan warga khususnya dalam mengenakan masker dan menghadiri peluncuran kerja sama ini menyampaikan mengapresiasi inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh Grab dalam menyediakan layanan GrabMart karena dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berbelanja tanpa harus datang ke pasar.

"Terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan warga menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, layanan ini juga bermanfaat untuk turut memberdayakan pedagang kecil," kata Akhyar.

Diungkapkan Akhyar, saat ini Pemerintah Kota Medan tengah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan menuju era new normal (kelaziman baru). Oleh karenanya, Akhyar berharap kedepannya akan semakin banyak lagi inovasi yang hadir sebagai pendukung kondisi tatanan hidup baru nantinya.

"Mari berkontribusi, lakukan inovasi, semoga langkah ini memberi manfaat besar bagi kita semua," ungkapnya.

Saat ini, layanan GrabMart sudah tersedia di Pasar Kwala Bekala, Pasar Petisah, dan Pasar Sei Sikambing. Pasar tradisional lainnya di Medan juga akan segera tersedia dalam waktu dekat. Pihak PD Pasar Kota Medan berperan besar dalam membantu proses registrasi berbagai pasar tradisional lain ke dalam GrabMart dan bersama-sama membantu perekonomian mereka. Pesanan GrabMart dari pelanggan akan segera diproses dan mitra pengemudi akan mengantar dalam waktu satu jam ke tempat tujuan.

Nurlela Sembiring, salah satu pedagang di Pasar Kwala Bekala mengungkapkan, “Saya senang dengan layanan GrabMart yang disediakan oleh Grab. Pelanggan saya menyampaikan melalui driver bahwa mereka sangat terbantu dengan layanan GrabMart ini. Pandemi ini telah membatasi orang untuk keluar rumah, layanan seperti GrabMart akan sangat membantu konsumen untuk belanja kebutuhan harian tanpa harus meninggalkan rumah. Semua berada di dalam genggaman untuk kebutuhan pokok rumah tangga (sembako, sayuran, ikan, dan daging segar).

"Kini, pasar tradisional bisa ikut maju mengikuti modernisasi bersama aplikasi Grab dan saya sebagai penjual bisa tetap dekat dengan ibu-ibu rumah tangga dan tetap melayani kebutuhan mereka, meski mereka tak lagi berangkat ke pasar. Caranya juga cukup mudah tinggal pilih aplikasi GrabMart dan lokasi pasar dan barang belanjaan yang diinginkan," pungkasnya.*