LHOKSEUMAWE - Masyarakat yang maju dapat dilihat salah satunya melalui aspek literasi. Minat baca yang tinggi akan membangun wawasan yang luas dan tentunya akan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

Muklis Azhar, salah seorang pengusaha sukses di Aceh, sadar akan potensi ini, sehingga ia membuat perpustakaan mini di salah satu tempat usahanya yang beralamat di Jalan Medan - Banda Aceh, Mns Mesjid, Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

Perpustakaan yang diperuntukkan pengunjung café ini merupakan salah satu fasilitas baru yang digagas langsung oleh Muklis Azhar.

''Kita berharap dengan perpustakaan ini akan membuat masyarakat mendapatkan ilmu-ilmu baru dari buku yang saya punya, karena salah satu kebaikan daripada ilmu adalah diamalkan. Mudah-mudahan buku-buku ini dapat dibaca oleh orang lain juga,'' ujar Muklis.

Dengan ide dan gagasan oleh Muklis Azhar, diharapkan masyarakat khususnya pemuda dapat memanfaatkan untuk menimba ilmu. Karena mencari ilmu itu tidak hanya di institusi formal seperti sekolah dan universitas, namun juga bisa disaat berkumpul dengan teman-teman ataupun keluarga. (ah)