SAMOSIR-Mengacu kepada hasil video conference dengan Kadis Kominfo Provinsi Sumatera Utara, Jumat (29/5/2020) bersama seluruh Kadis Kominfo Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara terkait menuju tatanan hidup normal baru (new normal), Pemerintah Kabupaten Samosir masih menunggu surat resmi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

"Mengacu kepada hasil Video Conference dengan Kadis Kominfo Provinsi Sumatera Utara, Jumat'(29/5) bersama seluruh Kadis Kominfo Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara terkait tatanan hidup normal baru (new normal), perlu kami jelaskan bahwa Pemkab Samosir masih menunggu surat dari Pemprovsu terkait Implementasi Tatanan Hidup Normal terhitung 14 (empat belas) hari sejak tanggal 29 Mei 2020. Oleh karena itu, Pemkab Samosir tetap melakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah dilaksanakan sejauh ini menjaga agar Samosir tetap zona hijau selama pandemi Covid-19," rilis Diskominfo Samosir, Minggu (31/5/2020) malam.

Dijelaskan, di samping itu, Pemerintah Kabupaten Samosir telah mengeluarkan surat edaran Nomor 800/21/SEKRE/V/2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan dan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) khusus pelaku perjalanan di Wilayah Kabupaten Samosir.

Secara rinci, surat edaran itu mencakup, (1) wajib pakai masker, (2) wajib tunjukkan identitas, (3) wajib ikuti pemeriksaan suhu tubuh dengan thermoscanner, (4) wajib menjelaskan maksud dan tujuan perjalanan dan jangka waktu tinggal di Samosir, (5) khusus bagi ASN/THL wajib mendapat surat persetujuan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir bila melakukan perjanalan luar daerah, dan (6) bagi pelaku perjalanan dari transmisi lokal, wajib melakukan isolasi mandiri 14 (empat belas) hari di bawah pengawasan petugas Puskesmas dan aparat desa.

Disampaikan juga, hingga hari ini Samosir masih zona hijau dan Pemerintah Kabupaten Samosir masih tetap menjalankan penjagaan di pintu-pintu masuk jalur darat dan danau ke Samosir seperti biasa. Hal itu menjadi pegangan dan pedoman Pemerintah Kabupaten Samosir untuk menjaga wilayah Samosir tetap aman dari penyebaran Covid-19.

"Bersama kita jaga Samosir dengan kewaspadaan dan tetap mengikuti perkembangan-perkembangan terkini terkait pencegahan dan penanganan Covid-19," himbau Pemerintah Kabupaten Samosir.