JAKARTA - Memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh pada Senin, 1 Juni 2020, politisi PKS Anis Byarwati mengajak seluruh warga negara Indonesia untuk memaknai kembali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

"Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sangat luhur. Sudah seharusnya seluruh warga Indonesia mempelajari dan memaknainya kembali," ujar Anis di Jakarta (1/6/2020).

Anis menuturkan, para pendiri bangsa memahami dengan baik, keragaman yang terdapat pada bangsa Indonesia. Dengan pemikiran yang matang dan cita-cita yang luhur untuk membuat persatuan dalam keragaman tersebut, mereka merumuskan satu kalimat yang menjadi slogan dan prinsip seluruh anak bangsa. Kalimat tersebut adalah Bhineka Tunggal Ika (Berbeda-beda/beragam tetapi tetap satu) yang dituliskan dalam sebuah perisai yang digenggam erat oleh cakar burung Garuda dalam lambang negara Indonesia.

Anggota DPR RI fraksi PKS ini juga menambahkan, tidak hanya makna yang terkandung dalam kalimat Bhineka Tunggal Ika yang menjadi pemersatu bangsa Indonesia, namun kandungan nilai dalam sila-sila Pancasila memiliki keluhuran tersendiri yang perlu difahami dan diterapkan oleh seluruh warga negara Indonesia.

Lebih lanjut, Anis menjelaskan, ditengah situasi sulit bangsa ini terutama karena dampak pandemik Covid-19, hari kelahiran Pancasila hendaknya menjadi momentum untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila yaitu keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, lebih empati pada sesama manusia, semangat untuk saling membantu dan bersatu, bijaksana membangun kesejahteraan rakyat.

Bahkan menurut Anis, penerapan nilai-nilai luhur Pancasila ini menjadi kunci tercapainya Indonesia yang dicita-citakan para pendiri bangsa.

"Penerapan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menjadi kunci untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera, adil, dan bermartabat," pungkas anggota Komisi XI DPR ini.***