JAKARTA - Pimpinan DPD RI mengajak semua elemen bersatu dan kembali menggelorakan budaya gotong royong. Demikian diungkapkan Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono saat menghadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin, (1/6/2020).

"Pancasila sebagai Ideologi dan pedoman hidup dalam tatanan bernegara dan berbangsa, harus senantiasa menjadi penyemangat bangsa Indonesia dalam melawan Pandemi Covid 19 dengan semangat gotong-royong" ujar Nono Sampono.

Dalam kesempatan itu, Nono Sampono yang didampingi Wakil Ketua DPD Sultan Najamudin Bachtiar juga mengucapkan rasa syukur dan kepada para pendiri bangsa atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila.

"Kita patut bersyukur, karena warisan leluhur itu bisa kita nikmati hingga saat ini. Saya juga menucapkan terima kasih dan penghargaan kepada generasi-generasi berikutnya yang telah menanamkan pemahaman dan pengalaman Pancasila dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Selain itu, Nono Sampono juga mengajak para Ulama dan Tokoh Agama, para Guru, Ustad, Politisi dan jajaran aparat Pemerintahan, para Anggota TNI, Polri, Pekerja serta pelaku Ekonomi, untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian.

"Semangat bersatu, dan menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam menghadapi persoalan bangsa akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju Negara yang maju dan jaya," tukasnya.

Untuk diketahui, upacara tersebut dipimpin Presiden Joko Widodo dan pimpinan lembaga negara dan beberapa menteri hadir dari beberapa tempat berbeda. Acara didahului pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, lalu Ketua DPR Puan Maharani yang membacakan teks UUD 1945. Dan dilanjutkan amanat Presiden Joko Widodo.***