TARUTUNG-Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Dandim 0210/TU Rony Agus Widodo, Kajari Tatang Darmi, Wakapolres Taput Mukmin Rambe, dan beberapa pimpinan OPD meninjau kesiapan Gereja HKBP Pearaja Tarutung sebagai percontohan awal pembukaan fasilitas umum menjelang 'New Normal di Tarutung Sabtu, (30/05/2020).

Menjelang Tatanan Baru 'New Normal' satu persatu fasilitas umum akan dibuka kembali, salah satunya adalah tempat Ibadah. Kita berharap dengan peninjauan saat ini, pelaksanaan Ibadah besok berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Ibadah kebaktian di Gereja HKBP Pearaja ini akan menjadi 'rule model' bagi tempat ibadah lainnya. "Selanjutnya Gereja lain juga akan dibuka minggu depan termasuk Ibadah di Mesjid," terang Nikson.

Bupati bersama Forkopimda disambut oleh Pdt Saor Hutagaol, STh selaku pendeta Resort didampingi pengurus gereja lainnya. Pada kesempatan itu, Nikson memberikan arahan dan masukan agar pelaksanaan Ibadah dapat mengikuti aturan Prosedur Standar Tatanan Baru. Dianjurkan agar pihak gereja harus menyepakati beberapa ketentuan dalam pelaksanaan tata cara beribadah yang berpedoman pada protokoler kesehatan Covid-19.

"Harap dituruti prosedur protokolnya, semua wajib pakai masker, ada termpat cuci tangan atau handsanitizer, antrian sebelum Jemaat masuk Gereja harus diatur jaraknya, tidak bisa duduk rapat-rapat, hanya diperbolehkan mengisi tempat duduk dengan sistem 1-2. Pihak Gereja harus membuat jadwal dengan baik agar Jemaat yang datang bisa diatur dengan baik. Besok akan kita pantau pelaksanaannya, semoga jadi contoh yang baik. Semua pihak diharapkan dapat memaklumi kondisi sekarang karena ini dilakukan untuk keselamatan bersama dan semua harus disiplin," pungkasnya.