SIMALUNGUN-Dinas Pengelolalaan Sumber Daya Air (PSDA) Simalungun perbaiki saluran primer yang sudah 5 bulan rusak di Huta Sitinggi-tinggi Nagori Bahal Gajah, Kecamatan Sidamanik.

Selain di Nagori Bahal Gajah masih ada perbaikan saluran irigasi lainnya yang akan diperbaki yakni di Nagori Tiga Bolon, Nagori Manik Hataran serta Keluruhan Sari Matondang.

Hal tersebut dikatakan Kepala UPTD PSDA Kecamatan Sidamanik Paber Damanik kepada media ini ketika dikonfirmasi via selulernya, Sabtu (30/5/2020).

Ketika ditanyakan perihal plank proyek yang tidak dipasangkan dilokasi kegiatan, Paber Damanik menyarankan agar menanyakan langsung ke Dinas.

Terkait besaran anggaran biaya untuk memperbaiki saluran primer tersebut, dikatakannya kurang mengetahui dan kembali menyarankan agar mempertanyakan langsung ke Dinas.

"Sebenarnya sudah banyak juga yang mempertanyakan terkait plank proyek itu,karena masyarakat juga supaya mengetahui, namun saat saya tanyakan ke dinas katanya lagi proses, untuk lebih jelasnya cobalah tanyakan langsung ke dinas, "katanya.

Sementara itu salah seorang pekerja marga Sitanggang mengaku sudah seminggu ini mereka bekerja memperbaiki saluran primer yang sudah 5 bulan ini rusak.

"sudah seminggu ini kami kerja, terkait plank proyek saya kurang tau karena kami hanya bekerja, "ujarnya.

Terpisah Pangulu Nagori Bahal Gajah Torkis Siburian menyampaikan sekitar ratusan hektar lahan persawah warga yang terhampar dibeberapa nagori akan dialiri air dari saluran primer tersebut. Kita bersyukur saluran primer itu sudah diperbaiki supaya dapat mengairi lahan persawahan warga dan kegiatan pertanian warga dapat berjalan dengan baik, "ungkap Torkis.