ASAHAN-Salah satu warga Kabupaten Asahan tepatnya Dusun IV, Desa Rawang Pasar V, Kecamatan Rawang Panca Arga dinyatakan positif Covid19 setelah menjalani uji Swab.

Hal tersebut dibeberkan oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, H. Rahmad Hidayat Siregar,S.Sos, MSi melalui Press Reease, Jumat (29/5/2020). Ia menjelaskan bahwa pasien positif Covid19 tersebut merupakan tenaga medis di Laboratorium RS Grand Medistra Deli Serdang.

"Dari data yang kami terima bahwa pasien adalah warga Dusun IV, Desa Rawang Pasar V, Kecamatan Rawang Panca Arga, Kabupaten Asahan, yang bekerja di bagian Analis di Laboratorium RS Grand Medistra.

Dikatakannya bahwa pasien tidak pernah kembali ke Asahan sejak Oktober 2019. "Pada 23 Mei 2020 lalu, meskipun tidak mengalami gejala, yang bersangkutan berinsiatif memeriksakan dirinya dengan ravid tes, dan hasilnya reaktif (positif melalui ravid tes), sehingga RS Grand Medistra, merujuknya ke RS GL Tobing untuk pemeriksaan lanjutan dan ditetapkan sebagai Pasien Dengan Pengawasan (PDP)," jelas Hidayat.

Menurut Hidayat, informasi yang diterimanya, saat ini pasien dalam kondisi baik, dan menjalani isolasi serta perawatan di RS GL Tobing. Sedangkan untuk tidak lanjut, walaupun yang bersangkutan tidak ada pulang ke Asahan, namun pendataan tetap dilakukan kepada pihak keluarganya.

"Protokol Covid-19 tetap kita lakukan untuk antisipasi dini, walaupun yang bersangkutan tidak ada pulang kampung ke Asahan," jelas Hidayat.

Hidayat menerangkan bahwa data Covid-19 di Kabupaten Asahan untuk yang positif bertambah menjadi 5 orang, dengan pembagian 1 orang masih di rawat, 3 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia. Sedangkan PDP yang sebelumnya sebanyak lima orang kini ditetapkan bahwa 4 orang dinyatakan tidak terpapar Covid-19.

"Untuk PDP kini hanya tersisa satu orang yang saat ini menunggu hasil swab. Sementara ODP tersisa empat orang. Kita berharap yang bersangkutan cepat sembuh," jelas Hidayat.*