JAKARTA - Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Mabes Polri, Komjen Pol Agus Andrianto menggelar silaturahmi halal bilhalal Idul Fitri 1441 Hijriah tahun 2020 dengan masyarakat dari seluruh Indonesia.

Halal bil halal bertema Menyapa Indonesia itu digelar secara virtual lewat aplikasi telekonfrensi Zoom, Selasa (26/5/2020).

Kegiatan difasilitasi Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (Prima DMI) Sumatera Utara. Diikuti para pegiat sosial, relawan pendidikan, dosen, penyandang disabilitas hingga warga marginal dari Sabang sampai Merauke.

“Kita sengaja memfasilitasi kegiatan silaturahmi dan halal bilhalal ini untuk membantu masyarakat menyampaikan keluh kesahnya kepada bapak Kepala Baharkam Polri. Sehingga persoalan-persoalan yang hidup yang mereka alami selama Covid-19 termasuk saat lebaran ini, dapat didengar dan dibantu oleh kepolisian maupun pemerintah,” ujar Ketua Prima DMI Sumut, Irwansyah Putra Nasution.

Dalam silaturahmi virtual tersebut, Komjen Pol Agus Andrianto mendengar langsung cerita lebaran dari masyarakat dan para pegiat sosial. Termasuk dari sejumlah mahasiswa antar daerah yang mengaku harus berlebaran tanpa keluarga akibat Pandemi Covid-19.

“Kita tahun ini tidak pulang ke kampung. Ini semua mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik,” kata Aminah, seorang mahasiswi asal Jailolo, Halmahera Barat, yang kini belajar di Ternate, Maluku Utara.

Komjen Agus Andrianto juga mendengarkan kondisi penanganan Covid-19 di masing-masing daerah. Termasuk banyaknya masyarakat yang belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah.

“Seperti di Jateng, karena wilayah kami sangat luas, banyak sekali yang belum menerima bantuan. Seperti abang becak, janda-janda tua hingga marbot masjid. Kita berharap Pak Komjen Agus dapat menggerakkan kepolisian di Jawa Tengah untuk dapat lebih masif membantu mereka,” ujar Putra, Ketua Prima DMI Kabupaten Ngawi, Jawa Tengah.

Sementara itu, Komjen Pol Agus Andrianto memberikan apresiasi kepada masyarakat yang mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik pada Idul Fitri 1441 Hijriah tahun 2020 ini. Mantan Kapolda Sumut itu juga mengapresiasi warga yang tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

Sementara untuk bantuan kepada masyarakat, Komjen Agus mengaku sudah ada perintah langsung dari Pimpinan Polri kepada seluruh jajaran kepolisian, untuk membantu masyarakat yang memang membutuhkan. Bantuan berupa sembako.

“Kalau memang ada masyarakat yang membutuhkan namun belum mendapatkan bantuan, silakan kawan-kawan fasilitasi ke markas Polres terdekat. Ke Polsek-Polsek, agar mendapatkan bantuan. Mereka pasti akan membantu. Kalau ada yang tidak koperatif, nanti silakan hubungi saya,” tegas Agus.