MEDAN-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi minta kepada seluruh personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan, agar mencegah terjadinya kerumunan guna mencegah terjadinya penularan Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Medan. Untuk itu seluruh pemilik maupun pengelola tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan terjadinya kerumunan harus diingatkan dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

Penegasan ini disampaikan Akhyar ketika bertindak sebagai pembina dalam Apel Batalyon Praja Wibawa Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan Dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1441 H di halaman depan Balai Kota Medan, Sabtu (23/5) petang.

Dikatakan Akhyar, Hari Raya Idul Fitri kali ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini hari penuh kemenangan ini dirayakan dengan suasana pandemi Covid-19 yang sangat berpengaruh terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat. Di suasana pandemi ini, Akhyar pun berharap agar seluruh petugas Satpol PP terus mendukung upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

"Tugas utama kalian saat ini mencegah terjadinya kerumunan masyarakat, terutama di tempat-tempat yang rentan terjadinya kerumunan. Dalan melakukan pencegahan, utamakan pendekatan persuasif. Kemudian ingatkan pemilik maupun pengelola tempat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," kata Akhyar.

Menurut Akhyar, potensi terjadinya kerumunan saat ini cukup tinggi, seiring tingginya tingkat kunjungan masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Terkait itu, Akhyar pun mengingatkan kepada petugas Satpol PP untuk meningkatkan kewaspadaan dalam melaksanakan tugas. "Utamakan keselamatan diri kalian, artinya kalian yang harus disiplin dahulu dalam melaksanakan protokol kesehatan. Setelah kalian merasa aman, tenang dan nyaman, barulah laksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab. Tunjukkan kita sayang kepada masyarakat,” pesannya.

Kalian harus yang lebih dulu disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan. Setelah itu barulah kalian melaksanakan tugas. Pandu Covid-19 saat ini sudah memasuki curva peningkatan seiring semakin bertambahnya jumlah warga yang positif civid 19. Tunjukkan kita sayang kepada masyarakat.

Selanjutnya Akhyar mengungkapkan, penyebaran Covid-19 saat ini memasuki peningkatan kurva seiring dengan terus bertambahnya jumlah warga yang positif Covid-19. Atas dasar itulah, tegas Akhyar, pencegahan terjadinya kerumunan merupkaan salah satu upaya untuk menekan meningkatnya penyebaran Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

Di kesempatan itu, Akhyar juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh personil Satpol PP atas pengorbanan yang telah diberikan kepada Pemko Medan dalam rangka pengamanan dan penegakan Perda di Kota Medan. “Ini merupakan pengorbanan yang sangat luar biasa, sebab petugas Satpol PP tetap memberikan waktu dan tenaganya untuk melakukan pengamanan di tengah pandemi Covid-19,” ungkapnya.

“Ingatkan kepada pemilik atau pengelola tempat yang rentan menimbulkan terjadinya kerumunan. Selain mencegah terjadinya kerumunan, pemilik maupun pengelola harus taat mengikuti protokol kesehatan. Jika sudah diingatkan berulang kali namun pemilik maupun pengelola tidak mengindahkannya, maka akan dijatuhkan sanksi sesuai Perwal No.11/2020 tentang Karantina Keseghatan dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Medan,” tegasnya.

Usai apel, Kasatpol PP Kota Medan HM Sofyan didampingi Sekretaris Satpol PP Rakhmat Syahputra Harahap menjelaskan tujuan apel dilakukan dalam rangka pengamanan malam Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Bersama dengan jajaran kepolisian, jelas Sofyan, Satpol PP akan melakukan pengamanan sekaligus penyekatan 110 titik ruas jalan di Kota Medan guna mencegah terjadinya takbir keliling, pawai maupun konvoi kendaraan dalam rangka menyambut malam hari raya.

“Kita bersama aparat gabungan akan membubarkan masyarakat yang berkumpul di tempat-tempat keramaian. Untuk melaksanakan tugas ini, kita menurunkan sebanyak 480 personil. Sedangkan 290 personil lainnya mengikuti apel gabungan di Lapangan Merdeka. Kita harapkan seluruh personil dapat menjalankan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab. apalagi Bapak Plt Wali Kota telah memberikan arahan dan motivasi dalam bertugas,” jelas Sofyan.