JAKARTA - Anggota Satgas Covid-19 DPR RI, Andre Rosiade, mengimbau agar masyarakat mematuhi kebijakan yang telah ditetapkan terkait penyelenggaraan shalat idul fitri 1441 H atau Lebaran 2020.

"Ada haditsnya lho mengenai kalau sedang terjadi wabah itu kita baiknya di rumah. Nah, kan dapet pahala juga," kata Andre kepada wartawan di Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (23/5/2020).

"Pada prinsipnya, saya mengimbau, mari kita patuhilah anjuran MUI dan juga pemerintah," tegas dia.

Disisi lain, kata Andre, petugas di lapangan juga harus menyampaikan kebijakan dengan cara persuasif. "Kan kita lihat juga masih ada pasar dan lain-lain yang ramai,".

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan agar masyarakat tidak melakukan salat Idul Fitri di masjid ataupun lapangan seperti kegiatan salat Idul Fitri sebelumnya. Larangan itu diatur dalam aturan PSBB.

"Pertama di tengah masyarakat ini sekarang timbul diskusi, apakah salat Id boleh dilakukan di masjid atau lapangan seperti yang sudah-sudah sebelum adanya COVID, maka tadi kesimpulannya bahwa kegiatan keagamaan sifatnya masif, seperti salat berjamaah, atau salat Id di lapangan termasuk kegiatan yang dilarang oleh Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang PSBB," kata Mahfud dalam konferensi per virtual, Selasa (19/5/2020).***