PEKANBARU - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyatakan satu warga Tobek Godang, Tampan, dari 10 yang reaktif pada rapid test massal 16 Mei 2020 hasil swab nya positif COVID-19. "Atas nama Ny. Y usia 41 tahun positif COVID-19, dia salah satu dari 10 warga yang reaktif saat rapid test di Tobek Godang 16 Mei lalu," kata Juru Bicara Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi di Pekanbaru, Jumat.

dr Mulyadi mengatakan, kini di Pekanbaru telah ditemukan pasien positif COVID-19 tanpa gejala, yakni pada Ny.Y. dimana hasil penelusuran membuktikan warga Tampan tersebut tidak memiliki gejala sama sekali, dan juga tidak memiliki riwayat perjalanan.

"Ini yang dikhawatirkan ditemukan di Pekanbaru positif COVID-19 tetapi tidak ada gejala apa-apa, makanya itu perlu tetap menerapkan phisicaldistancing," katanya.

Selanjutnya kata dia, Ny Y langsung dirawat di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Mumammad Amin membenarkan bahwa dari 10 warga yang di-rapid test di Tampan satu hasilnya positif COVID-19.

"Sisanya yang sembilan lagi belum tahu," katanya.

Kata dia, untuk tindakan selanjutnya Diskes bekerjasama dengan Puskesmas setempat akan melakukan tracing(penelusuran) bagi lingkungan dan keluarga Ny. Y.

"Keluarga terdekat anak, suami Ny.Y akan kami swab, dan warga di lingkungan yang mungkin pernah dekat dengan dia akan kita rapid test," tukas Muhammad Amin.***