TOBA-Personil Intel Polda Sumut dan Unit Tipikor Polres Tobasa Periksa dan Bawa Berkas Pengadaan Bansos Sembako pemerintah Kabupaten Toba.hal ini terkait adanya dugaan penyimpangan penggunaan anggaran dana Bansos Sembako pasca dampak sosial kepada masyarakat akibat Bencana Nasional Non Alam Wabah Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Toba.

Dua personil unit Tipikor Polres Toba hadir di kantor Bupati Toba Rabu, 20/05/2020 didapat informasi, guna melakukan pemeriksaan berkas sekaitan penggunaan anggaran pengadaan belanja untuk Bantuan Sosial (Bansos) sembako untuk masyarakat terdampak wabah pandemi Covid-19 yang disinyalir ada penyimpangan penggunaan Anggarannya.

Berdasarkan pantauan wartawan, Ke Dua peraonil unit Tipikor Polres Tobasa melakukan pemeriksaan berkas yang dibutuhkan di ruang Staf Ahli Bupati di lantai 2 kantor Bupati Kabupaten Toba sekaitan pengadaan Bansos Sembako pasca dampak sosial yangndiakibatkan oleh wabah Pandemi Covid-19.

Ke 2 peraonil Polres Tobasa Unit Tipikor tersebut hadir di kantor Bupati Toba dan masuk ke ruang staf Ahli Bupati mulai sekira pukul 13.00 Wib.sejumlah wartawan dengan setia menunggu di luar ruangan untuk konfirmasi kepada ke dua personil tersebut sekaitan kehadiran mereka di Kantor Bupati.

Sekitar pukul 17.30 Wib, ke 2 peraonil Polres Tobasa unit Tipikor tersebut keluar dengan membawa sejumlah berkas yang diduga adalah berkas pengadaan Bansos sembako pasca dampak sosial yang ditimbulkan wabah Pandemi Covid-19, yang dituding sarat dengan penyimpangan dibawa keluar untuk diperiksa di Mako Polres Tobasa.

Ke 2 personil unit Tipikor Polres Tobasa begitu keluar dengan cepat berjalan menuju parkiran kantor Bupati sambil memegang beberaoa berkas dokumen yang di duga dokumen pengadaan Bansos Sembako pasca dampak sosial yang ditimbulkan wabah pandwmi Covid-19.

Ke dua peraonil Tipikor Polres Tobasa tersebut berjalan tanpa mau di konfirmasi oleh wartawan sekaitan kehadiran mereka di kantor Bupati dan apa permasalahan yang duduga terjadi di pemrintahan Kabupaten Toba.apakah hadirnya mereka memeriksa sekaitan penggunaan Anggaran Bansos yang dananya diperoleh dari Refocussing Anggaran sesuai Instruksi Presiden (INPRES) Republik Indonesia No.4 tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penaganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Untuk memdapatkan informasi jelas, sekeluarnya ie dua personil unit Tipikor Polres Tobasa dari ruangan staf ahli Bupati,Gosumut.com dan sejumlah wartawan/i berusaha mengejar ke dua personil unit Tipikor Polres Tobasa tersebut hingga hingga ke parkiran mobil kantor Bupati.

Namun tidak ada sedikitpun komentar yang disampaikan ke dua personil unit Tipikor Polres Tobasa tersebut sekaitan kehadiran mereka di Kantor Bupati Toba dalam menjalankan Tugasnya.salah seorang dari ke dua personil tersebut hanya mengatakan "untuk informasi detinya. "Silahkan besok saja mempertanyakannya di Mako Polres Tobasa kepada pimpinan, " tegas Bripka Sudiharjo Sidauruk.

Kedua peraonil unit Topikor Polres Tobasa hadir dengan mengunakan baju kemeja putih lengan panjang dengan setelan celana panjang Hitam sembari menggunakan kain masker.

Bupati Toba Ir.Darwin Siagian saat dikonfirmasi kepada wartawan menjelaskan di depan kantor ruangan kerjanya, hadirnya Dua orang personil Polres Tobasa unit Tipikor guna untuk memeriksa dan mempertanyakan proses penyaluran Bansos sembako. "Kesemuanya telah kita jawab dengan baik.dan kita sampaikan bahwa semuanya tetap berjalan sesuai dengan aturan," ungkap Bupati.

Lanjut Bupati, Terkait hadirnya personil dari Polda Sumut ke kantor Bupati yang disinyalir memeriksa dan membawa beberapa berkas, diakui Bupati Toba Darwin Siagian bahwa benar ada datang anggota personil Polda Sumut dari Satuan Intelkam.

"Dengan kehadiran mereka kita (Pemkab Toba) telah menjelaskan semua dan menjawabnya, bahwa hingga sekarang Rabu, 20/05/2020 terkait pengadaan penyaluran Bansos sembako kepada masyarakat pasca dampak sosial yang ditimbulkan Wabah Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) belum ada yang dibayarkan oleh Pemkab Toba kepada pihak penyedia," jelas Bupati.

"Kita sampaikan kepada mereka bahwa semua yang terkait dengan pelaksanaan program Bansos (Bantuan Sosial), kesemuanya masih dalam proses pelaksanaan, baik rencana pembayaran dan pelaksanaan pembagian kepada masyarakat akibat dampak sosial Wabah pandemi Covod-19,"ucapnya.

Disampaikan Bupati, Pihak Intel Poldasu yang datang ke Pemkab Toba meminta beberapa Data yang mereka butuhkan, dan kita telah menyediakan dan memberikannya kepada mereka," ungkap Bupati.