JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR, Sri Wulan, meminta pemerintah memperhatikan betul penguatan kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan sebelum memulai apa yang direncakan sebagai New Normal atau The New Start. Kebijakan, tak bisa berpatok murni pada negara lain.

"Masyarakat kita kan berbeda, kultur kita berbeda kedisiplinan kita berbeda, cara memandang hidup juga berbeda, geografis juga berbeda. Nah, itu yang harus kita pahami," kata Wulan saat dimintai tanggapan, Kamis (21/5/2020).

Kita, kata Wulan, meletakkan kedisiplinan ke masyarakat saja belum mampu. "Kemarin adanya PSBB, apakah betul-betul bisa terlaksana dengan baik? Kan angkanya masih kecil sekali menurut saya,".

Pemberlakuan PSBB di beberapa daerah, menurut Wulan juga belum menunjukkan kepatuhan masyarakat. Terlebih, Wulan melihat sosialisasi maupun edukasi mengenai protokol kesehatan COVID-19 untuk masyarakat juga belum maksimal.

"Misalnya apakah masyarakat sudah diberikan informasi agar tak tertular, memakai masker tidak keluar rumah, jangan kontak dan lain lain. Itu kan belum mengena di situ dengan berbagai alasan," papar politikus NasDem itu.***