Home >  Berita >  Peristiwa

Penerima Sedang Sakit, BLT DD Samosir Akan Diantar Kerumah

Penerima Sedang Sakit, BLT DD Samosir Akan Diantar Kerumah
Rabu, 20 Mei 2020 14:17 WIB
Penulis: Helbos Sitanggang
SAMOSIR-Setelah pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap I dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI berjalan, hari ini Pemerintah Kabupaten Samosir juga akan me-launching pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap II yang bersumber dari Dana Desa (DD). Nantinya, bila pada proses pembagian berjalan dan calon penerima sedang sakit, BLT DD Samosir akan diantar langsung ke rumah.

"Pihak desa melalui Bank pembayar, akan langsung mengantarkan ke rumah yang bersangkutan," singkat Bupati Samosir, Rapidin Simbolon melalui pesan whatsaap, Rabu (20/5/2020) menjawab GoSumut, terkait kebijakan pemerintah terhadap penerima bantuan yang sedang dalam kondisi sakit.

Dari hasil konfirmasi, menurut Bupati, calon penerima yang sedang sakit, bahkan tidak harus memberikan surat keterangan sakit dari petugas kesehatan, tetapi cukup dengan melapor ke kepala desa setempat. "Lapor ke Kepala Desa," kata Rapidin.

Sebelumnya, Bupati Samosir telah menginformasikan, launching pertama pembagian BLT DD hari ini, hanya 3 kecamatan, yakni Kecamatan Harian, Onanrunggu, dan Ronggurnihuta. Jumlah penerima di 3 Kecamatan, sebanyak 1.700 Kepala Keluarga (KK).
Ads

"Selamat sore bapak/ibu masyarakat Samosir, semoga sehat dan kabar baik untuk kita masyarakat Samosir, dimana-pun anda berada. Setelah petugas tim verifikasi dari Kabupaten melakukan monitoring dan verifikasi data di Desa terhadap calon penerima bantuan BLT dana desa (DD), maka perlu diinformasikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Samosir akan menyalurkan bantuan tahap ke-2 melalui BLT DD yang diawali di 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Harian, Ronggurnihuta dan Onanrunggu," tulis Bupati Samosir, Rapidin Simbolon melalui whatsaap, Selasa (19/5/2020) sore.

Bupati merinci, dari 1.700 KK, untuk kecamatan Harian, sebanyak 733 KK, Ronggurnihuta 378 KK, dan Onanrunggu sebanyak 589 KK. Sedangkan untuk 6 Kecamatan lainnya, akan menyusul karena masih verifikasi dan sinkronisasi dengan data penerima BST tahap pertama dari Kemensos hingga hari ini.

"BLT untuk Kelurahan, sudah dianggarkan dari APBD Kabupaten Samosir. Program bantuan ini akan menyentuh seluruh kepala keluarga yang terdampak Covid-19 yang berada di Kabupaten Samosir dan dipastikan semua kepala keluarga akan mendapatkan bantuan BLT kecuali PNS dan warga yang berpenghasilan tetap diatas Upah Minimum Kabupaten (UMK), yakni sebesar Rp 2.648.577,00," ujar Rapidin.

Tidak hanya itu, Rapidin menyampaikan, adapun besaran dan cara pembagian BLT DD Samosir, sama dengan pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap I yang bersumber Kementerian Sosial (Kemensos) RI, yakni sebesar Rp 600 ribu per bulan.

Ditambahkan, bagi yang belum pernah mendapatkan bantuan, mohon agar dilaporkan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Samosir, di layanan whatsaap atau telepon (082364665667).

"Bagi pelapor, harap agar mencantumkan nama lengkap, Desa, dan Kecamatan. Horas horas horas," tutup Bupati.
www www