Home >  Berita >  Medan
Putus Rantai Covid-19,

GTPP Covid-19 Sumut Ajak Pers Berkontribusi

GTPP Covid-19 Sumut Ajak Pers Berkontribusi
Rabu, 20 Mei 2020 20:32 WIB
Penulis: Ril

MEDAN – Dalam upaya memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Sumatera Utara (Sumut), Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut gencar melakukan sosialisasi dan menyebarkan informasi kepada masyarakat.

Informasi atau sosialisasi yang gencar disebar saat ini berupa imbauan terkait protokol kesehatan. Di antaranya tidak keluar rumah jika tidak diperlukan, menggunakan masker jika harus keluar rumah, hingga sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Sosialisasi tersebut disampaikan GTPP Covid-19 Sumut bekerjasama dengan perusahaan media cetak maupun daring di Sumut. 

 Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut Irman, mengatakan pers sebagai pilar keempat demokrasi juga memiliki peran penting dalam memutus rantai Covid-19. Untuk itu GTPP mengajak pers agar ikut mensosialisasikan imbauan atau instruksi pemerintah pusat hingga daerah melalui medianya.

Ads
“Kata Gubernur, Pers juga merupakan garda terdepan untuk mencerahkan masyarakat kita di tengah pandemi ini,” sebut Irman di Posko GTPP Covid-19, Jalan Diponegoro Medan, Kamis (14/5). 

 Meski dalam krisis, pers sangat dibutuhkan perannya. Pers bisa memberikan informasi yang mencerahkan mengenai Covid-19, sehingga masyarakat tidak resah dan tahu apa saja yang harus dilakukan guna mencegah penularan.

“Eksistensi pers sangat diperlukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini,” ujar Irman.

 Selain publikasi media cetak dan daring, GTPP juga gencar melakukan sosialisasi dengan media luar ruang seperti baliho, siaran langsung di kanal youtube hingga siaran mobil keliling. Selain imbauan agar tidak terjangkit virus, GTPP juga gencar mengupdate informasi terbaru mulai dari data orang terpapar hinga kinerja GTPP yang terus berupaya menangani Covid-19 di Sumut.

“Kami mengajak segenap seluruh elemen masyarakat agar ikut menyebarkan informasi yang baik yang tidak menimbulkan kebingunan dan keresahan. Mari kita sebar informasi yang mencerahkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Irman. 

 Saat ini, GTPP sedang gencar mengimbau masyarakat agar tidak mudik ke kampung halaman. Apalagi saat ini banyak orang tanpa gejala (OTG) yang bisa membawa virus. Akhirnya ketika mudik, orang tersebut dapat menularkan virus kepada siapa saja.

“Menjelang Idul Fitri, GTPP gencar mengimbau agar masyarakat tidak mudik ke kampung halamannya masing-masing. Kita menginginkan agar masyarakat menahan keinginan untuk mudik agar Covid-19 tidak menyebar lebih luas lagi,” kata Irman

Editor : Sisie
Kategori : Medan, Sumatera Utara, Pemerintahan, Peristiwa, Umum, Gonews Group
www www