LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe bersama Pengurus BAZNAS dan ormas Islam Labuhanbatu menyerahkan Zakat dari BAZNAS kepada 7 panti asuhan yang ada di  Masjid rRaya Al-Ikhlas Aek Tapa, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (19/5/2020).
"Sudah sewajarnya kami selaku pemerintahan untuk selalu memperhatikan kepada seluruh anak yatim yang ada di Labuhanbatu. Hari ini ada 349 anak yatim dan pengasuh dari 7 Panti asuhan kita berikan haknya yang dikelola oleh BAZNAS, yang mana setiap orangnya mendapatkan Rp.200.000," ujar Bupati.

Selain itu hari ini juga BAZNAS menyalurkan zakat kepada 30 orang Da'i berupa uang senilai Rp.400.000,- 10 orang Pertuni masing-masing Rp300.000 dan 100 orang keluarga miskin mendapatkan santunan dari BAZNAS Provinsi berupa uang sebanyak 200.000 dan beras 10 kg, jelas Bupati Labuhanbatu.

Menurut Andi, Tahun ini sebesar Rp 3,5 M telah berhasil dikumpulkan oleh BAZNAS, semoga akan meningkat di tahun berikutnya, sehingga bisa dibagi rata kepada seluruh mustahik yang ada di Labuhanbatu.

"Semoga dengan apa yang kami berikan hari dapat bermanfaat bagi bapak, ibu, dan anak anak yatim semua, do'akanlah para pengurus BAZNAS yang sudah bersusah payah mengurus zakat di BAZNAS," jelas Andi Suhaimi Dalimunthe.

Bupati juga berpesan kepada para anak yatim agar selalu giat belajar dan menggantungkan cita-cita sebaik-baiknya, jangan berendah diri karena keadaan. "Kita tidak tahu rezeki kita di masa depan, latar belakang saya dari seorang anak tukang kue, namun hari ini bisa menjadi Bupati, tidak menutup kemungkinan kelak kalian bisa menjadi orang yang berhasil," pesan Andi.

Pemkab Labuhanbatu, kata dia, telah berusaha menyediakan fasilitas untuk mensukseskan program keumatan ini, misalnya Universitas Islam Negri Labuhanbatu akan kita dirikan ditahun 2021, dan kita juga berencana mendirikan rumah Tahfidz di sekitar Asrama haji ini. "Saya berharap anak anak panti asuhan dapat menimba ilmu nanti di sana," ujar Andi Suhaimi.

Al-ustadz Dr.Albukhari Pasha LC. Pengurus Panti Asuhan Aek Nabara, mengapresiasi kepada Bupati Labuhanbatu dan seluruh pengurus BAZNAS yang sudah bersusah payah mengurus dan mengatur BAZNAS secara transparan. "Semoga aparatur pemerintahan dalam keadaan sehat wal'afiat serta dapat memimpin Labuhanbatu kedepan dengan baik," ujarnya.

Ketua BAZNAS Labuhanbatu H.Erwin Siregar dalam laporannya menyampaikan, BAZNAS telah menyalurkan zakat sebanyak Rp.117.300.000 untuk 349 orang anak yatim, 30 orang Da'i, 10 orang dari Persatuan tuna netra Indonesia (Pertuni) dan 100 orang miskin. Total dari 3,5 M sudah Rp.2.429.000.000 yang disalurkan termasuk untuk 7 orang yang membutuhkan perobatan, satu buah kursi roda, dan Musyafir.