SAMOSIR-Meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19, besok Pemerintah Kabupaten Samosir akan me-launching pembagian atau penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap II setelah pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI sebesar Rp 600 ribu per bulan.

Selamat sore bapak/ibu masyarakat Samosir, semoga sehat dan kabar baik untuk kita masyarakat Samosir, dimana-pun anda berada. Setelah petugas tim verifikasi dari Kabupaten melakukan monitoring dan verifikasi data di Desa terhadap calon penerima bantuan BLT dana desa (DD), maka perlu diinformasikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Samosir akan menyalurkan bantuan tahap ke-2 melalui BLT DD yang diawali di 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Harian, Ronggurnihuta dan Onanrunggu," tulis Bupati Samosir, Rapidin Simbolon melalui whatsaap, Selasa (19/5/2020) sore.

Dijelaskan, jumlah penerima di tiga kecamatan, berjumlah 1.700 Kepala Keluarga (KK). Untuk kecamatan Harian, sebanyak 733 KK, Ronggurnihuta 378 KK, dan Onanrunggu sebanyak 589 KK. "Penyaluran di 3 Kecamatan akan di launching besok, pada hari Rabu tanggal 20 Mei 2020," jelas Bupati.

Disampaikan, sedangkan untuk 6 Kecamatan lainnya, akan menyusul karena masih verifikasi dan sinkronisasi dengan data penerima BST tahap pertama dari Kemensos hingga hari ini.

"BLT untuk Kelurahan, sudah dianggarkan dari APBD Kabupaten Samosir. Program bantuan ini akan menyentuh seluruh kepala keluarga yang terdampak Covid-19 yang berada di Kabupaten Samosir dan dipastikan semua kepala keluarga akan mendapatkan bantuan BLT kecuali PNS dan warga yang berpenghasilan tetap diatas Upah Minimum Kabupaten (UMK), yakni sebesar Rp 2.648.577,00," ujar Rapidin.

Ditambahkan, bagi yang belum pernah mendapatkan bantuan, mohon agar dilaporkan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Samosir, di layanan whatsaap atau telepon (082364665667). "Bagi pelapor, harap agar mencantumkan nama lengkap, Desa, dan Kecamatan. Horas horas horas," tutup Bupati.