JAKARTA - Jagat dunia maya nasional diramaikan dengan perbincangan mengenai pernikahan dini. Mulanya, adalah video kisah pernikahan dini di akun youtube Adhiguna dan Sabrina, yang diunggah pada 26 April 2020, saat Indonesia dilanda pandemi.

Video itu berjudul 'Adhiguna dan Sabrina E1: Dilema Menikah saat SMA'. Tagar #duaragasatujiwa dan #nikahmuda, melengkapi video berdurasi 9.54 menit itu. Video itu adalah video pertama dari 3 serial video kisah cinta Adhiguna dan Sabrina yang kemudian jadi trending.

Video pertamanya saja, per Jumat (15/5/2020) telah ditonton sebanyak 585.797 kali, dengan komentar penonton mencapai 1,4 ribu. Tak heran, viralitasnya berbuntut munculnya kata '16 tahun'. Artikel Line bahkan menyebut, cibiran video ini karena anggapan adanya kampanye untuk menikah dini.

Untuk diketahui, isu 'pernikahan dini' dan 'pandemi' memang saling terkait saat ini. Lembaga amal World Vision, menyebut ada potensi pernikahan dini dialami oleh sekitar 4 juta gadis di seluruh dunia lantaran meningkatnya angka kemiskinan akibat pandemi Corona/Covid-19.

"Ketika Anda berada dalam masa krisis seperti perang, bencana alam atau pandemi, tingkat pernikahan anak selalu meningkat," kata Ahli Pernikahan Anak di World Vision, Erica Hall, dikutip dari Reuters, Jumat (15/5/2020).***