KARO-Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, MH menyerahkan bantuan langsung pangan secara simbolis kepada masyrakat Kec. Berastagi akibat terdampak Covid-19 yang bersumber APBD Karo Ta. 2020, Rabu (13/5/2020) di kantor camat Berastagi.

Hal ini diungkapkan Terkelin Brahmana, SH, MH, disaat memberikan kata sambutan dengan menyebut bantuan yang akan diberikan oleh Pemda karo tersebut merupakan sumber APBD Kab. Karo tahun 2020 dan yang berhak menerimanya, sesuai data diluar PKH, BPNT, BST, BLT Dana desa, Kartu Pra Kerja, PNS, TNI, POLRI, Pensiunan, Kepala desa, perangkat desa dan BPD.

"Untuk itu, bantuan sembako yang akan disalurkan ini khusus Kecamatan Berastagi sebanyak 6.144 KK, kiranya tepat sasaran, tepat guna dan tepat waktu, disamping itu tidak ada dipungut bayaran sepeserpun. Ingat tidak ada kutipan, jangan menimbulkan masalah hukum. Sebut Terkelin menegaskan dihadapan para penerima bantuan," ucapnya.

Pun begitu, para Kades dan kelurahan selalu adakan kordinasi dengan pemerintah dalam pendataan agar penerima manfaat tepat sasaran, kadang kerap muncul dikemudian hari ada riak riak dari masyrakat itu sendiri mengatakan, bantuan yang diberikan pemerintah bagi orang yang memiliki banyak uang, hal Ini Kades dan kelurahan sebagai ujung tombak pendataan, agar perlu mengantisipasi, ikut sertakan pihak pihak yang dianggap perlu demi menjaga penyimpangan.

Dikesempatan itu, Camat Berastagi Mirton Ketaren mengatakan dengan adanya bantuan masyrakat yang terdampak Covid-19 khusus untuk daerah wilayahnya, sangat membantu sekali, dalam meringankan beban masyrakat dalam kondisi yang sudah berbulan bulan mengalami tekanan ekonomi akibat Covid-19.

Mirton mengaku, bantuan sembako ini akan disalurkan ke 10 kelurahan /desa dengan perincian Gundaling I 935 kk, Gundaling II 399 KK, Tambak lau mulgap I 290 KK, Tambak lau Mulgap II 355 KK , Raya 427 KK, Gurusinga 846 KK, rumah Berastagi 1.395 KK, sempajaya 1.042 KK, lau gumba 241 KK dan Daulu 214 KK. "Jadi total keseluruhan 42.699 KK bakal disalurkan

Pada kesempatan yang sama, Kadis sosial Kab. Karo Benyamin Sukatendel menyebutkan sejak Covid-19 mengguncang wilayah Kab. Karo, akibatnya sejumlah bantuan yang terdampak bagi masyarakat akan terus bergulir, baik dari pusat, Provinsi Sumut dan Pemda Karo.

Sebelumnya, Benyamin menjelaskan untuk bantuan BST dari dana kemensos RI sebesar 600/bulan telah disalurkan (11/5/2020) kepada masyrakat 16.817 KK, sedangkan dana APBD Karo tahun 2020 barusan disalurkan sebanyak 6.144 KK.

Namun, untuk bantuan dana pihak Provinsi Sumatera Utara, pihak Gubsu sudah melayangkan pemberitahuan terkait adanya bantuan propinsi ke Kab. Karo Nomor : 104/GTCOVID - 19/V/2020 tanggal 11 Mei 2020.

"Disebutkan dalam isu surat bagi Kabupaten /kota ditawarkan dua opsi untuk penyaluran bantuan, berupa bantuan pangan sembako dan bantuan uang tunai 225.000/KK," ucap Benyamin.

Merujuk surat ini, disisi lain Pemda Karo meminta kepihak Provsu agar mengirimkan dalam bentuk bantuan pangan sembako, dengan jumlah penerima 42.699 KK dengan indeks item barang sembako yang akan dikirimkan tetap berpedoman nilai jumlah uang sebesar 225.000/KK.

Menurut Benyamin, sesuai kordinasi bantuan pangan sembako bakal akan disalurkan berupa beras IR-64/sejenis 10 Kg, Minyak goreng 2 Liter, Gula pasir 1 Kg dan Mie Instan 20 bungkus.

Gudang sembako belum ada

Sementara Plh ketua Gugus Ir Martin Sitepu mengatakan bahwa bantuan pangan sembako dari pihak Provsu pasti akan ada, namun kapan waktunya akan dikirim ke kab. Karo, sesuai hasil kordinasi ke pihak BPBD Medan sembako masih dalam posisi dikemas jadi belum rampung dikirimkan. Dilain sisi, untuk dapat memenuhi penampungan bantuan sembako dari pihak provsu, pihak tim Gugus Kab. karo, saat ini juga masih membahas tempat gudang sebelum pendistribusian kedaerah kecamatan sekitarnya, hal ini juga sebagai referensi dalam pengiriman sembako ke Karo oleh pihak Provsu, tapi menurut Martin untuk Gudang penampungan sembako dalam waktu dekat ini sudah dapat kita tentukan titiknya. Pungkasnya Dipenghujung acara Bupati karo Terkelin Brahmana, didampingi wakil Bupati Karo Cory seriwaty br Sebayang, Danramil-03/ Berastagi Mayor Inf Jimmi Barus, Kapolsek berastagi AKP L.M Marpaung, Plh ketua Gugus Ir Martin Sitepu, Kadis sosial Benyamin Sukatendel, Camat Berastagi Mirton Ketaren, Kansilog bulog sumbul cabang Medan Muhammad Iqbal, melepaskan angkutan sembako dalam pendistribusian ke desa desa kec. Berastagi.