SAMOSIR-Pemerintah Kabupaten Samosir terus bergerak menyalurkan atau membagikan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) RI tahap I sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan berturut akibat dampak pagebluk Corona virus disease (Covid-19). Hari ini, Rabu (13/5/2020) pembagian untuk warga Desa Sitinjak, Desa Harian, dan Desa Pakpahan, Kecamatan Onanrunggu, bertempat di Onan Baru, Desa Sitinjak.

Pembagian di Kecamatan Onanrunggu, langsung oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon untuk menyerahkan BST secara simbolis kepada penerima. Turut hadir Asisten II, Saul Situmorang, Kadis Sosial, Paris Manik, Kadis Kominfo, Rohani Bakkara Kepala Bappeda, Rudi M. Siahaan, Kepala RSUD, Friska Situmorang, Kabag Protokol, Camat Onan Runggu, Junita Sinaga, PT. Pos Balige dan Kepala Desa.

Dalam kesempatan itu, Rapidin menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak panik. Serta kepada masyarakat yang belum mendapatkan BST, agar tidak perlu khwatir, karena akan ada bantuan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan dari Anggaran Dana Desa (ADD), sehingga dipastikan semua akan mendapat bantuan asalkan memenuhi kriteria yang layak dibantu.

"Bagi masyarakat yang belum kebagian namun layak untuk dibantu, segera melapor ke kepala desa," himbau Rapidin.

Tidak lupa, Bupati juga menyampaikan puji syukur, berkat kerjasama Pemerintah, TNI/Polri dan masyarakat, sehingga sampai saat ini belum ada yang terpapar Covid-19 di Samosir.

Lagi, Bupati menghimbau agar para perantau asal Samosir untuk menahan diri tidak pulang kampung. Dan jikapun harus pulang dalam keadaan terpaksa agar memeriksakan diri terlebih dahulu dan mengisolasikan diri secara mandiri. Jika memang tidak dapat melakukan isolasi mandiri, pemerintah Kabupaten Samosir menyediakan fasilitas isolasi mandiri dan membiayai kebutuhannya.

Adapun jumlah penerima BST Kemensos hari ini di 3 desa, yakni di Desa Harian sebanyak 172 KK, Desa Sitinjak 176 KK dan Desa Pakpahan sebanyak 132 KK.