JAKARTA - Undang-Undang (UU) Peradilan Agama digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK), karena dinilai diskriminatif. Sebab, Pengadilan Agama (PA) hanya mengadili perkara umat Islam saja. Dikutip dari detikcom, gugatan itu dimohonkan mahasiswi bernama Indriani Niangtyasgayatri. Pasal yang digugat Indriani adalah Pasal 2 dan Pasal 49 UU Peradilan Agama.

Pasal 2 berbunyi:

''Peradilan Agama adalah salah satu pelaku kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan yang beragama Islam mengenai perkara tertentu sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini.

Pengadilan agama bertugas dan berwenang memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam di bidang perkawinan; waris; wasiat; hibah; wakaf; zakat; infaq; shadaqah; dan ekonomi syari'ah.''

''Menyatakan Pasal 2 dan Pasal 49 UU Nomor 3 Tahun 2006 bertentangan dengan UUD 1945,'' ucap Indriani dalam permohonan yang dilansir website MK, Selasa (12/5/2020).

Indriani beralasan regulasi di atas bertentangan dengan UUD 1945, yaitu Pasal 28E ayat 1 dan ayat 2, Pasal 28E ayat 1, Pasal 28E ayat 2.

Dipertanyakan Indriani, namanya Pengadilan Agama, tetapi kenapa faktanya hanya mengakomodasi agama Islam semata.

''Hal ini tampak memberikan perlakuan yang berbeda atau diskriminasi kepada pemohon pada khususnya, keluarga pemohon, maupun kepada seluruh bangsa Indonesia yang beragama selain agama Islam,'' ujar Indriani.

Harapan Indriani, MK menghapus syarat wajib beragama Islam itu. Dengan begitu, kepentingan agama minoritas juga menjadi kepentingan bersama dan mendapatkan keadilan sebagaimana yang didapatkan oleh agama mayoritas.

''Menjadikan hak-hak warga negara Indonesia menjadi terlindungi sepenuhnya oleh negara dan Pemohon pun secara serta merta juga terlindungi hak-haknya dan juga terlindungi dari stigma yang mengatakan bahwa agama selain Islam tidak perlu untuk diadili secara agamanya, melainkan cukup diadili secara perdata saja,'' tutur Indriani.

Perkara ini baru didaftarkan di MK dan masih diproses di bagian kepaniteraan.***