Home >  Berita >  Peristiwa

Gencar Cegah Covid-19, Desa Pardugul Samosir Keliling Semprot Disinfektan

Gencar Cegah Covid-19, Desa Pardugul Samosir Keliling Semprot Disinfektan
Selasa, 12 Mei 2020 12:34 WIB
Penulis: Helbos Sitanggang
SAMOSIR-Antisipasi penyebaran Corona virus disease (Covid-19), tim relawan Covid-19 Desa Pardugul, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir gencar melakukan penyemprotan disinfektan dengan berkeliling ke rumah-rumah penduduk. Kegiatan hari ini, Selasa (12/5/2020) merupakan kali kelima yang dilakukan secara rutin setiap minggunya.

Kepala Desa Pardugul, Gunawan Sinurat, kepada GoSumut menyampaikan, sesuai petunjuk juga arahan baik dari Pemerintah Pusat hingga Kabupaten, sebanyak 15 orang relawan Covid-19 yang sudah dibentuk, telah melakukan berbagai upaya pencegahan di Desa, mulai dari pengawasan dan pendataan penduduk baru.

"Selain penyemprotan disinfektan, tim juga melakukan pengawasan terhadap pendatang baru guna mengantisipasi masuknya wabah Covid-19 ke desa Pardugul. Tim juga telah membagikan masker ke rumah-rumah penduduk, agar setiap bepergian dari rumah atau beraktivitas di luar rumah, masyarakat tetap memakai masker sesuai protokol kesehatan," ujar Gunawan.

Dijelaskan, sesuai petunjuk dari Pemerintah Kabupaten, penyemprotan disinfektan akan tetap dilakukan hingga sembilan kali ke setiap rumah penduduk. "Sesuai petunjuk, ini akan terus berlanjut hingga 9 kali penyemprotan. Pun demikian, tidak tertutup kemungkinan vol dilanjutkan kembali hingga situasi benar-benar pulih dari pandemi tahun ini," jelasnya.
Ads

Ditambahkan, sejak Covid-19 mewabah, dipastikan hingga kini desa Pardugul masih tetap aman. "Sampai detik ini desa kita masih tetap aman. Pun begitu, kita tetap waspada dan berharap situasi ini segera berakhir," tutup Gunawan.

Pantauan GoSumut, saat penyemprotan berlangsung, tim difasilitasi lengkap dengan menggunakan baju pelindung, sarung tangan, sepatu boot, dan masker. Tim yang bergerak, mulai dari perangkat desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pardugul, Kapner Sinurat, bersama jajarannya, Edward H. Sinaga, dan Robinson Sitanggang.
www www