SERDANGBEDAGAI-Dinas Pendidikan bersama Dewan Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melaksanakan Monitoring siswa belajar tingkat SD/SMP di Kecamatan Silinda dan Kotarih melalui belajar di rumah maupun daring media sosial(Medsos) dan siaran TVRI, Senin (11/5/2020).

Dalam kunjungan ini dipimpin langsung olehKetua Dewan Pendidikan Sergai, Agus Marwan,Kadisdik Sergai, Drs Joni Walker Manik MM, Sekretaris DP, Abdul Firman Kursin, Kabid SMP,Sujarwo dan para Kepala Sekolah SMP dan SD.

Dalam kegiatan ini dipusatkan di SMP Swasta Silinda dengan tetap mengikuti aturan Protokol Kesehatan dan menjaga jarak ( phisycal standing), dan memakai masker.

Dalam kesempatan ini, Kadisdik Sergai, Joni Walker Manik mengatakan merasa pua dan bahagia dengan komitmen sekolah dalam melaksanakan program belajar di rumah selama masa pandemi COVID-19.

Menurut Kadisdik, meskipun ada kendala teknis sekolah-sekolah khususnya Kepala Sekolah dan guru melaksanakan model pembelajaran daring dengan sangat baik meskipun ada beberapa kendala teknis seperti ketiadaan jaringan internet di sejumlah Desa tempat tinggal siswa dan fasilitas ponsel android para orangtua siswa.

Diakui Joni Walker, namun kendala-kendala itu diatasi dengan berbagai kegiatan inovasi yang dilakukan para guru",kata Joni Walker.

Selain itu, Kadisdik juga memberikan motivasi kepada jajaran sekolah, siswa maupun para orangtua untuk mensukseskan program belajar di rumah. "Kadisdik juga meminta untuk selalu melaksanakan protokoler kesehatan selama pandemi COVID-19"ujarnya.

Kepala SD Swasta Silinda, Sarmila, S.Pd mengungkapkan, bahwa pihaknya menyiasati ketiadaan jaringan internet di sejumlah desa tempat tinggal para siswa dengan menugaskan guru laki-laki untuk mengantarkan langsung materi pelajaran maupun kisi-kisi soal ke rumah para siswa.

“Model pembelajaran daring dilaksanakan dengan membentuk grup whatsapp beranggotakan seluruh siswa dalam satu kelas. Grup whatsapp ini dipandu oleh wali kelas dan diawasi oleh kepala sekolah," terang Sarmila.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sergai Agus Marwan, S.IP., M.SP mengatakan, bahwa kegiatan monitoring ini sebagai upaya menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Sergai Ir. H. Soekirman terkait siswa belajar di rumah selama pandemi COVID-19,"ungkap Agus Marwan.

Selama pelaksanaan monitoring di dua kecamatan itu, Tim 1 didampingi oleh Korwil Disdik Silinda/Kotarih Drs. Panut, Kepala SD Swasta Silinda Sarmila, S.Pd., Kepala SMP YP Silinda Tara Wilma Barus, SE, Kepala SDN 101984 Kotarih Saragih, Kepala SMPN 1 Kotarih Drs. Ojak Gultom, serta sejumlah guru dan para Komite Sekolah.