LANGKAT-Mengantisipasi pencurian aset warga menjelang perayaan hari Raya Idul Fitri 1441 H kepala desa (kades) Lau Damak ,kecamatan Bahorok Ngemat Ginting menginstruksikan para kepala dusun (kadus) untuk melaksanakan/siagakan pos sistem keamanan lingkungan (siskamling).

Demikian diuraikan kades Senen, (12/5/2020) dikamar kerjanya. Kita mengantisipasi pencurian terutama ternak peliharaan sehingga perlu waspada sehingga masyarakat merasa nyaman.

"Hari ini (Senin red) kita instruksikan ke kadus melalui sekretaris desa (sekdes) Hendri Sembiring dan malam ini mulai diberlakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan," tegasnya.

Didampingi ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Salim Tarigan ditambahkannya merupakan tanggung bersama.

Tujuh kadus telah mempersiapkan petugas piket / jaga malam secara bergiliran. "Kebutuhan personil tergantung kesepakatan dan kelayakan di dusun," ujarnya.

Disinggung tentang kesiapan pos siskalimling, kades mengaku sejauh ini baru dua pos yang didrikan secara permanen yakni dusun Tusam Pinter dan dusun Lau Damak.

Untuk dusun lain diharapkan kadus dan masyarakat yang merumuskan tentang tempat serta kebutuhan petugas jaga malam tandas Ngemat.

Berkaitan itu, Selamatta Ginting kadus Tusam Pinter saat ditemui mengaku telah mendapat instruksi dari sekdes.

Situasi yang tepat untuk siagakan pos kamling, masyarakat juga menyambut baik tentang hal itu.

"Belum ada warga yang merasa keberatan malah bersemangat kata kadus sembari mengapresiasi terobosan," kadesnya.