JAKARTA Sebanyak 533 orang pekerja pabrik pengolahan ikan di Ghana terinfeksi virus corona. Dikutip dari Tempo.co, Presiden Ghana Nana Akufo-Addo mengatakan ke 533 buruh tersebut tertular dari seorang buruh yang lebih duluan terinfeksi.

''Semua orang terinfeksi oleh satu orang,'' kata Presiden Akufo-Addo dalam pernyataan pers pada Minggu malam (10/5/2020), sebagaimana dilaporkan Reuters.

Presiden Ghana menjelaskan, 533 buruh pabrik pengelolaan ikan yang positif terinfeksi virus corona merepresentasikan sekitar 11,3 persen total yang terinfeksi di negara itu.

Namun Akufo-Addo tidak menjelaskan secara detil bagaimana sampai ratusan buruh pabrik pengelolaan ikan itu tertular virus di pabrik.

Ghana menjadi negara pertama di Afrika Barat yang melaporkan kasus virus corona pada pertengahan Maret lalu. Hingga Ahad malam lalu, total kasus infeksi virus corona mencapai 4.700 kasus. Ini angka tertinggi di Afrika Barat.

Sementara jumlah kematian akibat infeksi virus corona sebanyak 22 orang dan 494 orang dinyatakan sembuh.

Presiden Ghana ini juga memperpanjang larangan berkumpul hingga akhir Mei. Adapun sekolah dan universitas tetap ditutup untuk mencegah penularan virus corona.

Hanya dua kota besar, Accra dan Kumasi yang pada 19 April lalu resmi mencabut lockdown setelah diberlakukan selama tiga pekan.***