LANGKAT-Petani karet (Havea Braciliencies) produksi kebun masyarakat anjlok dipasaran. Informasi yang dihimpun Minggu, 10/5/2020 dipajak getah desa Timbang Lawan kecamatan Bahorok menyebutkan harga jual kisaran Rp 5000,oo - Rp 5800,00/Kg.

Akibatnya petani lesu tanpa gairah saat transaksi hasil bumi. Sudi (52 thn) petani karet warga desa itu awalnya membisu saat ditemui. "Murah kali bang," urainya tanpa senyum terlihat kecewa.

"Lebaran tinggal hitungan hari, namun belum ada stok persediaan," keluhnya tak bersemangat. Tidak tahu mesti bagaimana lagi, kerja lain juga sulit. Jika dipertahankan mengelola karet sepertinya tidak ada lagi prospek yang menjanjikan.

Pasalnya telah lama harga jual belum berpihak kepada petani tandasnya. Beberapa bulan terakhir disamping harga murah cuaca juga kurang mendukung karena sering hujan di pagi dan malam hari. Akibatnya petani karet tidak bisa menyadap pohon karena basah. "Lengkap sudah bang, harga dan cuaca dibarengi penyebaran virus corona covid-19 menyebakan kegiatan serba terbatas," imbuhnya.

Senada diutarakan Iwan, pemilik lahan karet, mengaku tidak juga mendapatkan hasil. Bagi dua hasil jual dengan penderes (pekerja -red) setelah dikekuarkan jasa angkut transport.

"Tanaman telah lama tidak mendapat perawatan pupuk karena harga murah. Lahan/ancak juga semak karena tidak adanya kesesuaian harga jual," ungkapnya.

Sementara beberapa agen/toke pembeli ditemui mengaku ketetapan harga berdasarkan ketentuan remeling/notaring dari pabrik karet. "Penyesuaian opersional lapangan, sejujurnya kami (agen/toke) lebih bersemgat dikala harga normal dan stabil. Kasihan juga sama petani namun tidak bisa membantu pungkas pembeli di daerah itu. Kita tetap berharap adanya perubahan harga yang lebih baik sehingga pendapatan petani meningkat," ucapnya.

Masyarakat petani karet berharap sudah saatnya pemerintah hadir dalam hal ini. Meski telah luas lahan karet diremajakan ke tanaman lain namun lahan karet masih luas tersisa dan bertahan.

Tidak seluruhnya lahan karet bisa dialihkan ke tanaman lain. Namun tergantung terhadap kondisi lahan dan jarak lansir, yang mesti disesuaikan dengan biaya.