BATUBARA-Perjalanan hidup adalah skenario dari Tuhan yang mau tidak mau harus dijalani oleh manusia dalam panggung dunia. Langkah, rejeki, pertemuan dan maut sudah tertulis masing-masing buat setiap hamba Tuhan yang akan terlahir ke dunia.

Begitu yang dialami Efendi, kepala Desa Dahari Selebar, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara. Sosok bertubuh kecil yang akrab dipanggil dengan sebutan Bang Tambah ini terkesan ramah dan akrab dengan senyum serta candanya saat kunjungan kru media ini ke kantornya, Rabu (6/5/2020).

"Aku tak pornah sedikitpun bermimpi bisa ada di ruangan ini," bebernya dengan menggunakan bahasa khas Daerahnya.

Berawal dari tidak punya kerjaan setelah lulus sekolah, Bang Tambah ingin bekerja sebagai nelayan. Namun keinginannya tidak pernah dikabulkan orang tuanya. Kecewa dengan putusan orang tua, akhirnya ia nekad merantau ke Sibolga. Kehidupan keras yang ia lalui meski kadang makan tak makan, tak membuatnya gentar dan tak membuatnya putus asa. Hingga akhirnya ia dapat kerjaan kelaut mencari ikan sebagai nelayan.

Bang Tambah yang dari kampung suka menolong antar sesama itu juga selalu menanamkan sikap baiknya di tanah rantau. Waktu dan tanah rantau pula yang membesarkannya. Setelah menjadi ketua di beberapa OKP, namanya semakin dikenal, apalagi sepak terjangnya yang tak kenal takut dan tak pernah ampun. Namanya Tambah Ameriko kian santer di telinga kawan maupun lawan. Ia disegani dan ditakuti di kampung orang. Bang Tambah juga sudah tidak kelaut lagi sebagai nelayan karena hanya dengan duduk saja sudah bisa menghasilkan uang.

"Tapi biar Kelen tau, meski begitu batinku tak nyaman," Papar bang Tambah sambil mengenang sisi masa suramnya.

Lalu kejenuhan pun datang. Bang Tambah pulang kembali ke kampung halaman. Ia bekerja menjadi satpam di salah satu sekolah di Dahari Selebar. Jiwa penolongnya tak pernah usai. Siapa pun yang datang meminta pertolongannya tak pernah ia tolak walau malam sekalipun. Terutama urusan perkelahian. Itu yang membuat masyarakat setempat atau diluar kampungnya pun mengenal bang Tambah Ameriko.

Tiba saat Pemilihan Kepala Desa, banyak masyarakat yang meminta ia ikut menjadi kontestan di ajang Pemilahan Kepala Desa tersebut. Dengan tekad baik dan modal keberanian, Bang Tambah pun berhasil memenangkan ajang pemilihan Kades tersebut dengan selisih 125 suara, ia melenggang menduduki kursi empuk yang berada di ruangan orang nomor satu di Desa Sahari Selebar.

Bang Tambah memaparkan dengan niat tulus akan membesarkan Desa nya dengan menanamkan Akhlak yang baik terhadap warganya terutama yang masih berusia remaja.

"Kalau Akhlak baik diterapkan di Desa Ini, yakin lah, Desa ini akan semakin elok lagi," tuturnya.

Masalah Pandemi Covid19 masih menjadi kendala untuk visi misi nya, karena ia juga masih memfokuskan penanganan Covid19 di Desa nya. "Yang pasti aku ni korjo sesuai perintah dan totap perbanyak kawan," tutup Bang Tambah.*