MEDAN-Ditengah situasi ekonomi yang tidak menentu akibat pandemic Covid 19, Bank Sumut masih mencatatkan kinerja positif. Hingga per Maret 2020 tercatat asset Bank Sumut tercatat Rp. 33,8 Trilyun, Dana Pihak Ketiga Rp.27,3 Trilyun dan kredit sebesar Rp.23,7 Trilyun. Adapun laba bersih Bank Sumut sebesar Rp.137,2 Milyar atau mencapai 104,46% dari target yang direncanakan per Maret 2020.

Hal tersebut diungkapkan Dirut PT Bank Sumut Muchammad Budi Utomo dalam temu ramah wartawan Jumat (8/5/2020) di Gedung Bank Sumut Jalan Imam Bonjol, Medan.

Sebagai Bank daerah kebanggaan masyakarat Sumatera Utara, dikatakannya Bank Sumut juga turut tergerak untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi pandemic covid 19.

Beberapa kontribusi yang telah diberikan Bank Sumut antara lain: Bantuan 7500 Masker kepada seluruh puskesmas dan puskesmas pembantu (pustu) se kota Medan, bantuan 21 Tangki air untuk pencuci tangan kepada kecamatan-kecamatan di Kota Medan Bantuan APD kepada 4 Rumah sakit rujukan Covid 19 di Sumatera Utara, bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid 19 melalui gugus tugas penanggulangan Covid 19 Provinsi Sumatera Utara, kerjasama dengan PMI untuk penyemprotan rumah penduduk dengan disinfektan, bantuan sembako kepada pedagang, penyapu jalan dan masyarakat miskin melalui Rukun Wanita Bank Sumut Serta berbagai bantuan lainnya yang juga diberikan melalui unit-unit kantor kami di Wilayah Sumatera Utara.

Total bantuan yang telah disalurkan Bank Sumut termasuk melalui dana yang dihimpun kepada masyarakat melalui rekening Sumut Peduli sampai saat ini ±sebesar Rp.417 juta rupiah.

Bank Sumut juga satu-satunya perbankan yang peduli dan empati kepada satwa dilindungi yang ikut terdampak Covid 19 dengan memberikan bantuan pangan hewan kepada Kebun Binatang Kota Medan. Selain itu Bank Sumut juga ikut memberikan perhatian dan bantuan kepada para pegawai dikebun binatang Medan.

Sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah untuk bersama-sama memerangi penyebaran Covid 19, Bank Sumut juga telah melakukan berbagai langkah-langkah strategis dalam operasional perbankan, antara lain:

Penerapan kewajiban penggunaan masker dan pengecekan suhu tubuh kepada seluruh orang yang akan memasuki gedung Bank Sumut, termasuk juga penerapan physical distancing dengan pembatasan jarak antrean ruang tunggu Banking hall Bank Sumut Penyediaan Hand sanitizer, sterilization room dan penyemprotan disinfektan secara rutin di seluruh unit kantor Bank Sumut Penerapan work from home (WFH) Bagi sebagian pegawai serta penyesuaian jam layanan operasional kantor, termasuk kami menutup sementara beberapa layanan unit kantor dan memindahkannya ke unit kantor lain sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid 19.

Bank Sumut juga senantiasa terus menghimbau kepada Nasabah untuk lebih memanfaatkan layanan Sumut Mobile Bank Sumut, fitur-fitur transaksi yang telah tersedia antara lain cek saldo, transfer, pembelian pulsa dan pembayaran yang semuanya dapat dilakukan nasabah cukup dengan #dirumahsaja

"Sebagai bentuk kepedulian Bank Sumut terhadap nasabah debitur yang usahanya terkena dampak Covid 19, saat ini jumlah debitur yang dalam proses pemberian relaksasi kredit sebanyak 7.909 Account dengan nilai sebesar Rp.1,3 Trilyun," ucapnya.*