TARUTUNG-Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Kepala Dinas kesehatan Alexander Gultom, Kasatpol PP Rudi Sirorus dan Kabag Tapem Josua Situmeang meninjau 7 Posko di Kelurahan Kecamatan Tarutung yang merupakan swadaya masyarakat, Jumat, (8/5/2020).

Pada kesempatan itu Nikson menyampaikan rasa terimakasihnya pada warga yang ikut berpartisipasi mendukung posko swadaya itu. Lalu, dia berpesan agar senantiasa melakukan pemeriksaan dengan baik pada warga yang melintas dari posko, lakukan pendataan dengan baik terutama bagi orang yang baru datang dari daerah zona merah. Lebih baik mencegah diawal sebagai langkah antisipasi menjaga agar virus itu tidak sampai menyebar kemana-mana imbuhnya seraya menyerahkan Bantuan sembako sebagai bentuk kepedulian Pemerintah dan juga sebagai motivasi penambah semangat dalam menjaga posko.

Bantuan sembako yang diberikan kepada petugas jaga berupa mie instan, telur ayam dan bahan minuman termasuk bahan pembuatan wedang jahe.

Dalam kunjungannya, Bupati juga berpesan agar petugas posko tidak minum tuak dan bernyanyi-nyanyi yang dapat meresahan warga. Selain itu Nikson mengatakan agar selalu mengingatkan masyarakat agar selalu memakai masker dan selalu menjaga jarak. "Nanti, kita akan berikan beberapa kebutuhan posko seperti thetmogun dan wastafel," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, bupati mengharapkan agar warga, bersabar menunggu pengumpulan data dan juga bersabar menunggu dana dari Pemerintah Pusat.

Semua masyarakat yang terdampak pandemi covid 19 yang layak dan berhak menerima bantuan akan diberikan bantuan. Oleh karena itu. "Saya berharap Bapak-Ibu bersabar, pasti akan diberikan bantuan sesuai dengan regulasi dan ketetapan termasuk ketentuan bahwa bantuan yang diberikan sesuai dengan Kepala Keluarga (KK) bukan secara person. Hari itu juga, Bupati meluangkan waktu meninjau beberapa pelaksanaan penanganan bencana alam seperti banjir dan longsor termasuk meninjau pembangunan gorong-gorong dan normalisasi Sungai Aek Ristop," tambahnya.

Dia menekankan kepada Instansi terkait agar penanganan pekerjaan itu diselesaikan dengan cepat dan tepat seraya dia berharap adanya dukungan dari masyarakat agar pekerjaan itu dapat cepat selesai sehingga berfungsi dengan baik dan bupati tak luput memerintahkan agar alat berat tetap melakukan normalisasi di Sungai Aek Ristop.

"Tetap lakukan normalisasi dengan alat berat, lakukan sosialisasi dengan baik kepada warga sekitar dan berikan solusi yang baik sehingga sungai ini dapat membantu mengatasi masalah banjir," pungkasnya.