MEDAN - Air ion Kalsium Organik yang ditemukan Dosen / Peneliti Program Studi (Prodi) Fisika FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si M.Si yang diekstrak dari tulang ikan ternyata mampu berperan menghambat infeksi Coronavirus (Covid-19) di dalam tubuh terutama di bagian Paru-paru jika dikonsumsi pasien Covid-19.

Hal itu dikemukakan Koordinator Peneliti Prodi Magister Biomedik Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Jakarta, Harliansyah Ph.D dalam percakapan via selular dengan sang penemu Dr. Muhammad Sontang Sihotang di Medan, Jumat (8/5/2020).

Menurut Harliansyah dalam percakapan itu, Air ion Kalsium Organik yang berasal dari ekstrak tulang ikan tersebut jika diminum sangat efektif menstimulasi pembentukan Hormon Melatonin. "Fungsi Hormon Melatonin ini berperan optimal dalam menghambat infeksi Covid-19 di dalam tubuh terutama di bagian Paru-paru," ujar Harliansyah yang juga alumni Prodi Kimia FMIPA USU.

Lebih lanjut dikatakan Harliansyah, Air ion Kalsium Organik yang ditemukan Muhammad Sontang Sihotang dan diaplikasi ke berbagai produk bersama ahli inovator yang juga Dosen FISIP USU Dra. Dara Aisyah M.Si Ph.D menjadi bahan rekomendasi penting bagi Tim Medis Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 untuk diberikan kepada para pasien Covid-19 dalam upaya pemulihan. "Insha Allah akan efektif," pungkasnya.***