LANGKAT-Meski hari libur (Waisak) dan bulan suci ramadhan namun posco covid-19 desa Sematar kecamatan Bahorok tetap siaga. Informasi yang dihimpun Kamis, 7/5/2020 menyebutkan posco tetap dijaga/buka setiap hari.

Sesuai instruksi kepala desa ( kades) Hadi Sutrisno kepada tim relawan urai warga di posco kantor desa. Secara bergilir yang jaga bang imbuh wanita paruh baya di posco itu.

Semprot disinfektan bagi kenderaan dan cuci tangan sanitizer/antiseptik dan cek suhu panas tubuh bagi warga yang keluar masuk desa.

Berkaitan itu kades Sematar, Hadi Sutrisno awalnya tersenyum dan membenarkan hal itu. Kita komit mendukung pencegahan penyebaran covid-19 corona.

Menurutnya masih ada satu posco disiagakan didusun Bandar Buah. 56 orang relawan desa siaga di dua posco secara bergilir. Personil relawan terdiri dari pemuka agama/masyarakat dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) serta kader pos yandu. "Kita juga memberdayakan Karang Taruna mandiri, kaur perangkat tersebar di lima dusun," ujarnya.

"Khusus malam hari yang bertugas siaga kaur /perangkat pria hingga pukul 23.00 Wib," pungkas kades.

Disinggung tentang kendala posco, kades mengaku hingga saat ini masih normal selain kendala cuaca. Menjawab Gosumutcom, kades mengatakan desa Sematar diapit perusahaan perkebunan PT PP London Sumatera (Lonsum) Pulo Rambung -Estate akibatnya tidak ada wilayah desa berada dijalur lintas propinsi sumut.

Kades tiga priode berturut-turut itu mengaku hingga saat ini belum ada warga yang pulang mudik. "Namun kita kerap menghimbau agar warga yang berada diluar daerah agar tidak mudik/saat lebaran hingga situasi dinyatakan stabil dan normal," kata Hadi Sutrisno.