JAKARTA - Jika ditahun-tahun sebelumnya di bulan Ramadan kompetisi sepakbola masih bergulir dan bisa menikmati latihan bersama di lapangan. Tahun ini akibat pandemi virus Covid-19, pemain Persita Tangerang, Hamka Hamzah lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah.

Meski selama di rumah, Hamka tetap melakukan individual training sesuai anjuran pelatih. Namun dia tak menampik jika mulai dilanda rasa bosan karena sudah dua bulan membatasi aktivitasnya di luar rumah. Tapi, Hamka memiliki tips untuk mengusir rasa bosan selama berada di rumah.

“Ini puasa yang sangat berbeda, tahun-tahun sebelumnya kompetisi tetap ada di bulan puasa. Tapi kali ini karena situasinya seperti ini memaksa kompetisi berhenti. Kami rindu atmosfer bertanding di bulan puasa dan bertemu rekan-rekan di lapangan,” kata Hamka.

“Tapi dengan kondisi seperti ini kita ikuti anjuran pemerintah untuk di rumah saja. Kalau dibilang bosan pastinya ya bosan ya sudah dua bulan ini tidak ada aktivitas di lapangan. Untuk mengusir bosan ya olahraga di rumah yang penting badan harus selalu gerak,” imbuhnya.

Menurutnya, olahraga penting untuk dilakukan selama melakukan physical distancing di rumah. Hamka menuturkan jika paling penting adalah tubuh tetap harus bergerak agar dalam kondisi selalu fit.

“Olahraga bisa di dalam rumah, tidak perlu harus di luar rumah. Kalau tetap di rumah tanpa olahraga bisa tidak fit,” pungkasnya. ***