TAPUT-Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Sekretaris Daerah Indra Sahat Simaremare meninjau Posko-posko Desa yang ada di 12 Desa se-Kecamatan Siatas Barita dengan menaiki sepeda motor trail. peninjauan posko diawali di Desa Siraja Hutagalung, pada Minggu sore (26/4/2020).

Peninjauan Posko-posko tersebut merupakan lanjutan peninjauan posko yang dilakukannya. sementara sebelumnya posko-posko pada 7 kecamatan sudah ditinjau langsung olehnya dengan selalu menaiki sepeda motor trailnya.

"Jangan ada yang anggap remeh atas perjuangan ini, semua harus tetap berjuang keras agar Taput tetap zona hijau. Kita tidak mau ada penyebaran Covid-19 di Tapanuli Utara, bekerjalah sesuai ketentuan dan SOP. Setiap warga dari zona merah wajib isolasi mandiri, lebih baik kita cegah diawal daripada nantinya terlambat," ujarnya kepada para petugas dan relawan Posko.

"Setiap orang yang melintas harus diperiksa suhu tubuhnya terutama yang datang dari daerah lain dan lakukan administrasi dengan baik. Disamping itu,Pastikan juga agar semua warga selalu pakai masker terutama yang keluar rumah, tidak ada salahnya apabila warga juga mampu mengadakan masker secara mandiri, ini untuk keselamatan diri sendiri dan keluarga," ujar Bupati.

15 posko yang dikunjunginya Bupati juga didampingi Camat Siatas Barita Dompak Simanjuntak peninjauan tersebut ditandai dengan penyerahan masker tambahan serta bantuan logistik untuk menyemangati para petugas.

"Tetap semangat, jaga kesehatan karena kita tidak tahu kapan masa darurat pandemi ini berakhir. Sebaiknya konsumsi makanan dan minuman untuk menambah ketahanan tubuh," ucapnya seraya menyerahkan bantuan.

Pada kesempatan itu, dia juga menyisir masyarakat yang berada di luar rumah namun tidak menggunakan masker. Bupati berpesan, "Pakailah masker karena sangat membantu untuk menjaga kesehatan kita semua, memakai masker harus dengan baik bukan sekedar dipajang di leher tanpa menutup mulut dan hidung," imbuhnya.

Peninjauan hari ini berakhir di Desa Sidagal yang merupakan desa paling ujung dan sejenak bupati bersama rombongan beristirahat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengatakan hasil peninjauannya di posko-posko desa Kecamatan Siatas Barita, petugas sudah melaksanakan tugasnya sesuai Standard Operasional Prosedur (SOP). pada kesempatan itu,dia berharap agar masyarakatTapanuli Utara.

tetap waspada dan selalu menaati himbauan Pemerintah demi memutus mata rantai covid-19. "Mari saling menjaga, mari lebih bijaksana menghadapi pandemi covid 19 ini tanpa perlu panik berlebihan. Tetap jaga jarak, pakai masker demi kesehatan bersama, tetap memperdulikan cara hidup sehat, tidak perlu keluar Taput. Para orang tua kami lansia perlu lebih menjaga kesehatan karena rentan terkena penyakit pandemi covid 19. Semoga kita semua jauh dari marabahaya, mari semua bersama-sama berjuang dan berdoa," ajak bupati taput Nikson Nababan.

Turut ikut dalam peninjauan tersebut, Kadis Kesehatan Alexander Gultom, Direktur Rumah Sakit Tarutung Janri Nababan, Kasatpol PP Rudi Sitorus, Kadis PMD Doni Simamora, Kadis Lingkungan Hidup Heber Tambunan dan Kabag Tata Pemerintahan Josua Situmeang.