SERDANGBEDAGAI- Sejumlah elemen menyumbangkan pelbagai bantuan guna meringankan atau membantu pemerintah terdampak virus Corona (COVID19).

Penyerahan bantuan bertempat di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai, Rumah Dinas Bupati di Sei Rampah, Kamis, (23'4/2020).

Bantuan pertama dari Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kabupaten Sergai.

IKAPTK memberikan bantuan berupa alat-alat kebersihan dan sanitasi yang diserahkan Ketua IKAPTK Kabupaten Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP kepada Ketua Gugus Tugas Ir H Soekirman.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, selaku Ketua Gugus Tugas mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kontribusi yang diberikan. Bantuan ini akan besar manfaatnya bagi perjuangan kita dalam mengatasi tantangan pandemi.

"Seperti yang kita ketahui bersama, sterilisasi dan kesehatan adalah dua unsur penting dalam proses memutus rantai penyebaran Covid-19. Lewat bantuan alat-alat kebersihan yang didonasikan oleh IKAPTK, semoga kampanye kebersihan di ruang atau fasilitas publik dapat berjalan lebih lancar," ucapnya.

Bupati berharap bantuan yang diberikan dapat menjadi rangsangan dan motivasi bagi seluruh pihak untuk turut serta mengulurkan tangan, bekerjasama dengan pemerintah meringankan beban masyarakat luas yang terdampak secara ekonomi sejak Covid-19 ditetapkan sebagai Bencana Nasional non-alam oleh pemerintah pusat.

”Bisa kita lihat bersama di Posko ini begitu banyak unsur publik baik individu, pelaku usaha, organisasi, ormas dan pihak lainnya yang menunjukkan sikap solidaritas bagi masyarakat lewat pemberian donasi. Posko ini begitu hidup dengan tindakan kemanusiaan yang terus mengalir setiap harinya,” ungkap Bupati Soekirman.

Dengan kondisi ini, diharapkan agar status bebas kasus Covid-19 di Sergai dapat bertahan hingga pandemi ini tuntas. Kami berharap masyarakat dapat menyokong proses percepatan penanganan pandemi dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih serta preventif dengan menghindari kerumunan dan mengurangi aktivitas di luar rumah kecuali untuk hal-hal yang urgen.

Sementara, Ketua IKAPTK Sergai Faisal Hasrimy menginformasikan jika bantuan dari IKAPTK terdiri dari 10 tangki cuci tangan, 100 dispenser tempat sabun cair dan 400 kemasan sabun cair yang rencananya akan didistribusikan ke rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya.

“Total bantuan yang diberikan senilai 23 juta rupiah. Kami berharap alat-alat yang diberikan dapat dipergunakan dan menjadi dukungan penting dalam menghadapi dan mengakhiri pandemi ini,” ujarnya.

Posko Covid Terima dan Salurkan Bantuan

Di hari yang sama, Posko Gugus Tugas juga menerima bantuan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sergai berupa face shield (pelindung wajah) sebanyak 150 unit.

Ada pula bantuan sebanyak 1500 butir telur yang diberikan oleh CV. Himpun Eka Ternak dari Desa Sukasari Kecamatan Pegajahan.

Kemudian Primkop Kartika A Kodam I Bukit Barisan juga memberikan bantuan di Posko Gugus Tugas berupa bantuan sebanyak 1 ton beras yang diterima Sekdakab Sergai H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP.

Posko Distribusikan Bantuan

Posko Gugus Tugas kemudian mendistribusikan bantuan kepada perwakilan masyarakat Dusun III Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

Di hari yang sama, nelayan Pantai ATP Kecamatan Perbaungan juga menerima bantuan berupa 40 paket sembako.