DELISERDANG-Aktivitas layanan Penerbangan masih berjalan di bandara Internasional Kualanamu Deliserdang hari ini Jumat 24/04/2020 meski surat edaran Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19 sudah di tetapkan.

Dari pantauan diterminal Penumpang Bandara Kualanamu ,sampai siang hari sudah ada tiga Penerbangan yang datang dan berangkat.

Manager OIC Bandara Kualanamu Dedi Yuda saat dikonfirmasi mengatakan kalau hari ini masih ada Penerbangan Domestik yang berangkat dan datang.

"Masih ada layanan penerbangan hari ini ," pungkasnya . Sementara itu Sigit Kepala Operasional Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan Bandara Kualanamu menyebutkan ,kalau hari ini masih berjalan namun pada besok tidak akan ada lagi layanan penerbangan.

" Khusus hari ini saja dispensasi hingga nanti malam pukul 00 wib ," katanya.

Sebelumnya dalam Siaran Pers Tanggal 23 April 2020 Nomor : 19-PST/23/04/2020 menyebutkan seluruh bandara PT Angkasa Pura II (Persero) dipastikan tetap beroperasi, di mana pada periode 24 April – 1 Juni 2020 hanya melayani penerbangan kargo dan sejumlah penerbangan khusus.

Sementara itu, untuk penerbangan penumpang berjadwal dan tidak berjadwal sementara waktu tidak dioperasikan pada periode tersebut.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Saat ini PT Angkasa Pura II mengelola 19 bandara diantaranya Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Kualanamu (Deli Serdang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Silangit (Tapanuli Utara) Lalu, Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), Supadio (Pontianak), Banyuwangi, Radin Inten II (Lampung), Husein Sastranegara (Bandung), Depati Amir (Pangkalpinang), Sultan Thaha (Jambi), HAS Hanandjoeddin (Belitung), Tjilik Riwut (Palangkaraya) dan Kertajati (Majalengka), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Sultan Iskandar Muda (Aceh) dan Minangkabau (Padang).

VP of Corporate Communications PT Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan perseroan memiliki 4 opsi pola operasional yang dapat disesuaikan sesuai dengan kondisi yang ada.

“PT Angkasa Pura II tengah berkoordinasi dengan Kemenhub mengenai petunjuk pelaksaan dan petunjuk teknis terkait Permenhub tersebut untuk kemudian kami akan menyesuaikannya dengan pola operasional di seluruh bandara.”

“Pastinya, bandara tetap beroperasi untuk melayani penerbangan kargo dan sejumlah penerbangan khusus,” ujar Yado Yarismano.

Adapun operasional bandara memang masih terus berjalan untuk melayani

1. Penerbangan Pimpinan lembaga tinggi Negara Republik Indonesia dan tamu/wakil kenegaraan dan perwakilan organisasi internasional

2. Operasional penerbangan khusus repatriasi (repatriasi flight) pemulangan WNI maupun WNA. 3. Operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat 4. Operasional Angkutan Kargo (kargo penting dan esensial). Pesawat

konfigurasi penumpang dapat digunakan untuk mengangkut kargo di dalam kabin penumpang (passenger / cabin compartement) khusus untuk pengangkutan kebutuhan medis, kesehatan, dan sanitasi serta pangan

5. Operasional lainnya dengan seijin dari Menteri dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19. 6. Sebagai bandara alternatif apabila terdapat pesawat yang mengalami kendala teknis dan operasional, dan membutuhkan bandara untuk mendarat 7. Penerbangan yang mengangkut sampel infection substance COVID-19.