Peserta JKN-KIS ini Rasakan Langsung Manfaat Keberadaan Program

Peserta JKN-KIS ini Rasakan Langsung Manfaat Keberadaan Program
Kamis, 23 April 2020 14:06 WIB
Penulis: Rel
TAPTENG – Keberlangsungan penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak terlepas dari dukungan masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat yang merasa sangat terbantu dengan kehadiran Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini.Lenny Irawaty (24) misalnya. Warga lingkungan III, Kecamatan Hutabalang, Kabupaten Tapanuli Tengah ini salah satu peserta JKN-KIS yang telah merasakan langsung manfaat keberadaan program ini bagi dirinya dan keluarganya.

Ibu dari satu orang anak ini merupakan peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) pegawai swasta dengan hak rawatan pada kelas II. Ia telah terdaftar menjadi peserta sejak tahun 2018. Lenny merupakan tanggungan dari suaminya yang bekerja sebagai di salah satu perusahaan di Kota Sibolga.

Ketika diwawancarai pada Kamis (23/4/2020), Lenny yang sehari-harinya beraktifitas sebagai ibu rumah tangga ini menceritakan rasa puasnya terhadap pelayanan JKN-KIS. Ia mengaku bahwa rasa puasnya itu ia peroleh berdasarkan pengalaman yang dialami langsung ketika mendapatkan pelayanan sebagai peserta JKN-KIS.

Ads
“Saya merasa sangat gampang dan mudah untuk mendapatkan pelayanan di rumah sakit. Jika kita mengikuti alur yang telah ditentukan BPJS pasti kita dilayani sesuai dengan hak kita,” ujar Lenny.

Lenny juga sempat menuturkan pengalamannya saat akan melahirkan anak pertamanya di tahun 2019 lalu. Pada saat itu dokter di rumah sakit menyampaikan bahwa Lenny harus menjalani operasi untuk melahirkan anaknya. Karena Lenny dan suami mengetahui bahwa mereka telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS aktif yang didaftarkan oleh perusahaan, mereka tidak khawatir dan ragu lagi memikirkan biaya operasi yang harus ditanggung karena akan dijamin oleh Program JKN-KIS.

“Saat itu kita jadi bisa fokus ke proses kelahirannya saja, tidak pusing memikirkan biaya lagi. Alhamdulillah operasinya lancar dan anak kami lahir dengan sehat. Keluarga kami tidak ada mengeluarkan biaya, semua sudah ditanggung oleh BPJS,” tutur Lenny.

Lenny berharap kehadiran Program JKN-KIS ini dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Kemudian ia juga berpesan agar pelayanan di fasilitas kesehatan dapat ditingkatkan, sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan haknya.

Editor : Fatih
Kategori : Gonews Group, Umum, Peristiwa, Sumatera Utara, Tapanuli Tengah
www www