MEDAN - Forum Daerah Usaha Kecil Menengah (Forda UKM) Sumut, menyalurkan sebanyak 160 paket bantuan untuk masyarakat terdampak pandemi Covid 19 di 3 kabupaten/kota. Hal ini disampaikan Ketua Forda UKM Sumut, Sri Wahyuni Nukman dalam siaran pers yang diterima wartawan, Kamis (23/4) malam tadi.

Sri sapaan akrab Sri Wahyuni Nukman memaparkan, sejak terjadinya pandemic Virus Covid 19 di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Selain adanya korban terpapar sakit, ada juga dampak ekonomi yang menyulitkan pelaku usaha. Di mana harga-harga barang turun, pasar mengecil dan jumlah penjualanpun drastis menurun.

"Kondisi ini sangat sulit, karena pelaku usaha juga memiliki pekerja yang juga butuh pendapatan. Pelaku UKM juga sangat berharap, kondisi ini segera pulih sedia kala, dan virus Covid 19 segera hilang dari negeri ini," harapnya.

Akibat kondisi ini, sebutnya, pelaku UKM yang tergabung di Forda UKM Sumut tergerak bersama untuk mengurangi beban masyarakat. Khususnya, masyarakat yang pendapatannya hilang atau terganggu. Hasilnya, selama sepekan dibuka posko bantuan Covid 19 Forda UKM Sumut, terkumpul sebanyak 160 paket.

"Rabu 22 April 2020, paket bantuan sudah kami salurkan. Bantuannya berbentuk, beras, telur dan ikan fillet. Semuanya produk pelaku UKM yang tergabung di Forda UKM Sumut," ujarnya.

Ketua Panitia Penyaluran Bantuan FORDA UKM Sumut, Chairil Huda menyampaikan, dari sebanyak 160 paket yang terkumpul, dibagi ke tiga kabupaten/kota, diantaranya Serdang Bedagai, Deliserdang dan Medan. Adapun paketnya, 60 paket di Serdang Bedagai, 50 paket di Deliserdang dan 50 paket di Kota Medan.

Dia menyebutkan, adapun penerimanya diantaranya pekerja, pedagang rokok, pedagang kedai kopi, pembantu rumah tangga, orangtua jompo dan pekerja bengkel.

Hadir dalam penyaluran tersebut, Wakil Ketua Forda UKM Sumut bidang advokasi, Tengku Bobby Lesmana, Pengurus Forda UKM Serdang Bedagai Darmadi dan khusus di Deliserdang Forda UKM Sumut bekerjasama dengan Karang Taruna Wonstar Desa Wonosari.