SAMOSIR-Presiden Republik Indonesia (RI) melalui Kepolisian RI, menyerahkan bantuan berupa buku tabungan dan ATM kepada sebanyak 30 orang perwakilan supir angkot, pengemudi becak motor (betor) dan kernet, dengan jumlah Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan, bertempat di Mapolres Samosir, Rabu (22/4/2020).

Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh, SiK, MM menyampaikan, bantuan itu merupakan perhatian Presiden RI Joko Widodo kepada pengemudi dalam keselamatan akibat dampak Covid-19. "Semoga bantuan itu dapat bermanfaat dengan baik dan digunakan juga dengan baik, dimana krisis pandemi tahun ini," kata Kapolres.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon yang turut hadir pada acara penyerahan bantuan itu, menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan jajaran Polri yang telah memberi perhatiannya kepada para pengemudi yang mengalami dampak Covid-19.

Tidak lupa, Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Polres dan TNI yang telah membantu dengan sangat baik di dalam pencegahan Covid-19, dengan terus melakukan penjagaan yang ketat di setiap perbatasan-perbatasan pintu masuk menuju Samosir.

Pada kesempatan itu, Rapidin juga menjelaskan, untuk 3 bulan kedepan mulai dari bulan Mei hingga Juli, Kementerian Sosial akan memberikan bantuan kepada masyarakat akibat dampak Covid-19.

"Nantinya, bantuan itu akan diserahkan berupa buku tabungan dan ATM sebesar Rp 600 ribu per bulan," jelas Rapidin.

Menurut Bupati, akan ada sebanyak 25.500 Kepala Keluarga (KK) yang akan menerima bantuan dimaksud, dan saat ini telah menugaskan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk turun kelapangan bersama pemerintah desa, memverifikasi data yang objektif, agar semua bantuan tepat sasaran.

Disampaikan lebih lanjut, verifikasi dilakukan, agar masyarakat yang tidak semestinya mendapat bantuan, justru dapat bantuan, dan yang semestinya dapat justru tidak dapat bantuan.

"Masyarakat tidak perlu khwatir, sebab Pemerintah, Polri, TNI dan para stakeholder tetap bersatu padu untuk menghadapi Covid-19," tutup Rapidin.

Turut hadir pada acara penyerahan bantuan, Wakil Ketua DPRD Samosir, Nasip Simbolon, Danramil 03 Pangururan-Kodim 0210/TU, Kapten Inf. Donald Panjaitan, Kajari Samosir, Buddy Herman, KCP BRI Pangururan dan Ketua Forum Komunikasi Tokoh Masyarakat (FKTM) Kabupaten Samosir, Obin Naibaho.