TOBA-Mako Polres Toba Samosir gelar pelatihan kegiatan pelatihan keselamatan berlalu lintas di Aula Harungguan Mardemak Mapolres Toba, Senin, 20 April 2020 sekitar pukul 09.00 WIB untuk berbagai profesi sopir diantaranya sopir Travel, Bus, Betor, Angkot dan Tukang Ojek On Line ( Ojol).program kegiatan pelatihan tersebut reami dibuka oleh Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo,SIK.

Disampaikan Kapolres, untuk pelaksanaan kegiatan Pelatihannya secara teknis dipimpin dan dilaksanakan oleh Kasat Lantas AKP. Viktor P Siagian dengan pesertanya dari para pengendara atau Sopir Travel, Bus, Betor, Angkot dan tukang ojek.

Kasat Lantas AKP. Viktor P. Siagian kepada wartawan menjelaskan, untuk Pelatihan ini akan berlangsung selama 1 bulan dengan 3 tahapan pelaksanaan kegiatan yakni Tahap pertama dimulai 20 April 2020 dan tahap kedua pada 27 April 2020 dan tahap ketiga pada 4 Mei 2020. "Untuk kouta pesertanya di Kabupaten Toba sebanyak 48 pengendara/sopir untuk mengikuti pelatihan serta akan diberikan bantuan dana sebesar Rp 600 ribu per orang dalam bentuk tabungan," ungkap AKP Viktor P. Siagian.

"Kita harapkan, dengan pelatihan dan bantuan yang diberikan, para peserta mendapatkan ilmu dan wawasan yang lebih banyak makin mumpuni tentang keselamatan berkendara serta aturan Lalulintas dalam berkendara. Dengan bantuan yang diberikan semoga bermanfaat bagi para Sopir, karena di situasi saat sekarang profesi ini turut terdampak oleh Pandemi Covid-19," pungkas AKP Viktor P Siagian.

Kasat Lanatas AKP. Viktor P Siagian juga menegaskan, tujuan kegiatan digelar supaya para pengemudi, baik pengemudi/sopir ojek konvensional, supir bus, angkot dan betor lebih memahami tentang aturan dan berbagai peraturan serta tata cara berlalu lintas serta memaahami dan ikut serta berperan dalam upaya pencegahan penyebaran Pandemi Covid-19 juga supaya mematuhi protokol kesehatan / medis yqng telah diteta0kan Pemerintah dalam upaya Percepatan Penaganan dan pencegahan penyebaran pandwmi global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

"Kegiatan ini juga mensosialisasikan serta melakukan pelatihan akan keselamatan berlalu lintas dengan teknik dan etika mengemudi dalam berlalu lintas.sopir/pengemudi perlu memahami apabila ada hal hal penting yang berkaitan dengan penumpang yg sakit apalagi di duga terpapar Covid-19, untuk menagani hal ini supaya sopir bisa memahami dalam upaya memberikan pertolongan dan jangan sampai salah prosedur," harapnya.

Untuk kegiatan tahap pertama di lakukan 3 kali pada hari Senin,Rabu dan Jumat. Materi pelatihan di hari Senin adalah pencegahan penyebaran virus Corona. Rabu tentang etika berlalu lintas dan hari Jumat kegiatan teknik mengemudi. "Untuk pemberian bantuan tahap pertama diserahkan pada hari jumat," pungkas AKP Viktor P Siagian.

dr.Jimmy R Hasibuan petugas Medis Urkes Polres Toba dalam sambutannya menyampaikan Urkes Polres Tobasa siap mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

Lanjutnya, Pada kesempatan Urkes Polres Tobasa dapat mensosialisasikan standar SOP Kesehatan dalam antisipasi dan penaganan penderita paparan wabah virus Covid-19 kepada masyarakat khususnya kepada para supir bus,truk,angkot,betor dan ojek konvensional sekaitan juga tentang apa itu virus corona dan cara pencegahannya untuk dapat menjaga kesehatan serta untuk menghindari agar jangan terkena virus corona.

Turut hadir, Paurkes Polres Toba ibu Nasna Refsi Pasaribu, Kasubag Humas Polres Toba Aiptu Khairudin Sukri Yanto, KBO Lantas Polres Toba Iptu Ng.Sembiring dan seluruh Jajaran Satlantas Polres Toba.