MEDAN-Dalam menyikapi pandemi covid-19 di Kota Medan, seorang pengusaha beras di Medan memberikan bantuan berupa beras pada tukang becak. Beras diberikan pada tukang becak tersebut masing masing 5 kg.

Dikatakan Teguh Kawal Gurusinga, pemilik UD Kawal mengatakan niatnya tersebut semat-mata membantu masyarakat sekitarnya dikarenakan melihat kondisi perekonomian saat ini sedang melemah dan juga aktivitas masyarakat juga sudah dibatasi, dari sisi ini lah Kawal berniat memberikan bantuan untuk abang tukang becak.

"Bantuan ini diharapkan bisa meringankan mereka serta dapat memenuhi kebutuhan keluarganya," katanya baru-baru ini.

Pembagian beras ini juga dihadiri pihak Babinkamtibmas Polsek Delitua, Babinsa Koramil 08, dan juga Kepala Lingkungan(Kepling) V kelurahan Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor.

"Sebelum pembagian paket beras ini, kami buat kupon dan kami berikan kepada perorangan abang becak di sekitar sini, setelah mereka memiliki kupon tersebut lalu bisa menukarkan langsung kepada kami untuk pengambilan beras tersebut," ujarnya.

Dikatakannya, program seperti ini akan menjadi agenda tahunan bagi UD Kawal. Menurutnya, jika situasi corona ini masih belum terselesaikan di Medan, maka pihaknya akan kembali berusaha untuk memberikan bantuan lagi.

"Saat ini untuk penjualan beras masih tetap stabil, sedikit ada kenaikan namun tidak begitu berpengaruh," ujarnya.

Kemudian dikatakannya, selain pembeli untuk rumah tangga ada juga yang membeli untuk disumbangkan kembali. Seperti kemarin dari masyarakat biasa, anggota dewan, ada juga dari kelompok-kelompok gereja, serta dari muslim, tak ketinggalan dari luar kota Medan seperti dari Pakpak Barat, Langkat, Bandar Baru, Sibolangit.

"Sedangkan dalam menghadapi virus corona ini, saya mengimbau untuk masyarakat yaitu tetap mengikuti anjuran dari pemerintah seperti jika ada aktivitas untuk keluar rumah jangan lupa menggunakan masker, jangan terlalu terlarut dalam situasi saat ini," katanya.

Sedangkan dalam hal berbagi bagi masyarakat ekonomi lemah dalam pandemi ini, Kawal berpesan lakukanlah walaupun sekecil, sebab apapun itu sangat berarti dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka.

Sementara itu, Ganepo Sinuhaji selaku Kepala Lingkungan 5 Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, yang telah berikhlas hati menyumbangkan beras kepada abang-abang becak yang berdomisili di Kelurahan Kwala Bekala.

"Ini adalah salah satu program sosial kepada masyarakat yang berekonomi lemah untuk mendapatkan bantuan dari saudara kita UD Kawal, dan sekaligus untuk mensosialisasikan pemakaian masker untuk memutus rantai covid 19 (corona)," jelasnya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar supaya melakukan pola hidup sehat dan bersih, dengan rajin bercuci tangan dan memakai masker selalu apabila akan beraktifitas keluar dari rumah. *