LHOKSEUMAWE-Polres Lhokseumawe, Aceh bentuk Tim Khusus (Timsus) penanganan jenazah Covid-19, tim dilatih dan melakukan simulasi penanganan jenazah dari mulai rumah sakit hingga kepemakaman. Simulasi berlangsung di Pos Terpadu penanganan Covid-19 atau Pos Kota Polres Lhokseumawe, Jl. Samudra No. 1 Kampung Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, kemarin.

“Kendati diwilayah hukum Polres Lhokseumawe belum ada korban meninggal kasus covid – 19, dan kita berharap dan berdoa, semoga Lhokseumawe bisa aman dari covid-19, namun kita tetap waspada dan selalu siap, oleh karena itu kita lakukan simulasi sekaligus bentuk tim khusus, karena dibeberapa tempat korban covid – 19 tidak terurus dan ada kecenderungan penolakan oleh warga saat akan dilakukan pemakaman, makanya tim khusus yang telah dibentuk kita latih bagaimana menangani jenazah covid dari rumah sakit sampai pemakaman, termasuk terkait masalah fardhu kifayahnya,” ungkap Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan, S.IK melalui Kompol Ahzan,S.IK,SH,MSM, Sabtu (18/4/2020).

Tujuan pembentukan tim khusus dan dilatih penanganan korban covid – 19 yang meninggal, kata Ahzan, supaya ada gambaran terhadap tim yang kita bentuk, dalam satu tim ada 10 personil yang kita sprin-kan untuk menangani dari jenazah korban covid-19. Tahapan pelatihan mulai menerima informasi dari rumah sakit, kemudian tim berangkat ke rumah sakit, selanjutnya bagaimana prosedur penggunaan APD, prosesur membawa jenazah covid-19 ke ambulance sampai kepemakaman, tentunya sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Kemudian setelah dilakukan pemakaman, bagaimana juga protokol kembali ke rumah sakit, bagaimana personil agar tidak terpapar tentunya kembali dilakukan penyemprotan terhadap personil. Kemudian dipraktekkan bagaimana membuka APD tersebut, step by step dibuka, cuci tangan untuk menjaga kebersihan.

"Jadi jenazah dimakamkan ditempat khusus yang disediakan oleh pemerintah terpisah dari pemakaman umum," ucap Ari Lasta Irawan.*