PURWOREJO – Berdiam diri di rumah di saat pandemi virus corona (Covid-19), sangat menyiksa bagi warga miskin. Mereka tak bisa bekerja, padahal kebutuhan hidup harus terpenuhi terutama untuk makan. "Karena tidak bekerja ya makan apa adanya," kata Agus Suratman alias Bangkit (30), warga RT 04/RW 05 Kampung Nagaran, Kelurahan Cangkrep Lor Kecamatan/Kabupaten Purworejo, Kamis (16/4/2020) malam.

Kondisi keluarga Agus Suratman yang hidup besama istrinya, Ny Wagiyati (33), dengan dua orang anak yang masih kecil-kecil, sempat mendapat perhatian banyak pihak. Terlebih keluarga ini hanya makan nasi dengan lauk garam.

Saat dikorfirmasi Agus Suratman hanya tersenyum kecut. Begitupun saat menerima kunjungan pemberi bantuan. “Saya mendengar kabar itu, dan sangat prihatin,” kata Yophy Prabowo, yang memberi bantuan.

Dia meminta kepada aparat pemerintah hingga tingkat RT, untuk segera melaporkan jika ada warganya yang mengalami kesulitan secara ekonomi.

"Apalagi sampai kesulitan untuk makan sehari-hari," ucapnya.

Diakui, pada kondisi seperti sekarang ini sudah mulai banyak warga yang merasa kesulitan secara ekonomi, terutama kaum buruh yang pendapatannya tidak menentu.

“Ini dampak yang luar biasa, pemerintah harus hadir di saat seperti ini, banyak warga yang butuh bantuan,” ucapnya.***