Penanganan Covid 19, FK UISU Tawarkan Lab Biologi Molekuler Miliknya untuk Rujukan di Sumut

Penanganan Covid 19, FK UISU Tawarkan Lab Biologi Molekuler Miliknya untuk Rujukan di Sumut
Jum'at, 17 April 2020 15:30 WIB
Penulis: Fatih
MEDAN - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) akan segera menyurati Gugus Tugas Pemprovsu dan Kemenkes RI dalam pengadaan mesin PCR untuk mendukung mesin PCR yang sudah ada di laboratorium FK UISU sekaitan dengan percepatan diagnosis Covid 19 dan menawarkan laboratorium molekuler miliknya menjadi laboratorium rujukan di Sumatera Utara.Hal ini sejalan dengan harapan Rektor UISU, DR Yanhar Jamaluddin MAP yang mendorong FK UISU untuk lebih berperan aktif dengan mengoptimalkan laboratorium biomedik untuk membantu masyarakat memeriksakan dirinya apakah tertular Covid 19 atau tidak.

"Setidak-tidaknya ini juga bisa membantu tim kesehatan dalam mendeteksi masyarakat yang terindikasi ODP," ungkap Rektor, Jumat (17/4/2020).

Dekan FK UISU, dr Indra Janis MKT menyampaikan, pemeriksaan molekuler dengan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) ini sangat memiliki akurasi yang lebih tinggi dari pada rapid test dan memungkinkan pemantauan untuk menganalisis adanya bakteri, virus (muatan virus) yang ada dalam tubuh pasien.

Ads
"Dengan berbekal analisis berbasis molekuler ini, seorang dokter pun dapat lebih cepat menentukan saat yang tepat untuk memulai pengobatan dan mengetahui respon seseorang," ungkap Indra.

Dengan kata lain, imbuh Indra, hal ini tentunya akan mempercepat proses pemeriksaan terhadap pasien, sehingga spesimen tidak lagi dikirim ke Badan Penilitian Pengembangan Kementerian Kesehatan (Balitbang Kemenkes) di Jakarta.

Begitupun, sambung dr Indra, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut untuk mewujudkan ini.

"Kita merasa terdorong dengan semakin meningkatnya kasus covid-19 di Sumatera Utara. Dengan beroperasionalnya lab kita ini nanti, diharapkan tindakan cepat dapat dilakukan," tandasnya.

Editor : Fatih
Kategori : Gonews Group, Umum, Peristiwa, Sumatera Utara, Medan
www www