Home >  Berita >  Peristiwa

Dampak Covid-19, Pemkab Samosir Verifikasi Calon Penerima Sembako

Dampak Covid-19, Pemkab Samosir Verifikasi Calon Penerima Sembako
Jum'at, 17 April 2020 06:25 WIB
Penulis: Helbos Sitanggang
SAMOSIR-Dampak pandemi Corona virus disease (Covid-19) yang sudah satu bulan lebih lamanya melanda seluruh dunia, mengakibatkan perekonomian masyarakat terpuruk. Untuk meringankan beban masyarakat dari sisi kebutuhan konsumsi pangan ditengah wabah Covid-19, Pemerintah Kabupaten Samosir telah melakukan verifikasi calon penerima sembako yang belum kebagian hingga kini dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Iya, nanti pada bulan ini, kita akan menuntaskan pemberian sembako kepada warga yang belum kebagian pada waktu yang lalu. Sekarang lagi diverifikasi oleh tim dinas sosial," sebut Bupati Samosir, Rapidin Simbolon kepada GoSumut usai membagikan 1.000 paket sembako tim sukses (Timses) Rap-Berjuang kepada para abang becak dan tukang parkir di terminal Onan Baru, Pangururan, Kamis (16/4/2020).

Disampaikan, akan ada dua tahap pembagian, dan selain masyarakat yang belum menerima sembako hingga kini, sasarannya termasuk para pedagang kecil. "Pokoknya, bagi mereka yang terdampak Covid-19, terutama pedagang kecil, sedang kita data. Pasti kita bagi. Menurut rencana akan ada dua tahap pembagian," ujar Rapidin.

Bersamaan, Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga juga menyampaikan, selain pembagian sembako Timses bakal calon (Balon) Bupati Samosir Rapidin Simbolon-Juang Sinaga (Rap-Berjuang) kepada para abang becak dan tukang parkir di terminal Onan Baru, Pangururan hari ini, kegiatan yang sama juga akan dilakukan esok hari, Jumat (17/4/2020) di Tomok.
Ads

"Semua yang terdampak akan kita berikan. Besok masuk ke Tomok. Pedagang disana, sudah nol pendapatannya," kata Juang.

Sebelumnya, pada saat pembagian sembako berlangsung, Ketua Timses Rapidin-Juang (Rap-Berjuang), Anser Naibaho mengatakan, sebanyak 1.000 paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat yang berprofesi sebagai abang beca, tukang parkir, paket sembako itu juga dibagikan kepada warga sekitar terminal yang terdampak dan para wartawan yang turut meliput kegiatan berlangsung.

Dijelaskan, pembagian sembako itu dilakukan sebagai respon Rap-Berjuang, karena kini warga lebih banyak di rumah, sembari meminta warga untuk tidak beraktifitas, warga tetap di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

"Pembagian paket sembako ini, merupakan kepedulian Tim Sukses Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga, akibat dampak pandemi Covid-19 yang kini melanda dunia, termasuk Samosir. Kini, warga tidak bisa beraktivitas seperti biasa, mereka lebih banyak di rumah, makanya kita berikan paket sembako berupa beras, vitamin C dan air mineral untuk meringankan beban warga,” kata Anser.

Disampaikan juga, kegiatan yang sama oleh Timses Rapidin-Juang, akan dilakukan di sembilan Kecamatan yang ada di Kabupaten Samosir.
www www