TOBA-Antisipasi dampak Sosial yang ditimbulkan oleh Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Pemkab Toba Rabu,15/04/2020 pembagian Bansos oleh Tim Petugas Pemerintah Kabupaten Toba bagikan bantuan sembako kepada 6 keluharan se Kecamatan Balige sebanyak 1206 paket untuk 1206 Kepala Keluarga (KK).

Sekda Kabupaten Toba Drs.Audhi Murphy O Sitorus,SH.M.Si dalam kesempatan tersebut menegaskan kepada seluruh tim petugas pembagi sembako, untuk penerima Bansos Sembako diberikan kepada masyarakat golongan ekonomi lemah atau masyarakat miskin yang benar benar susah akibat dampak sosial pandemi global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Untuk penerima bantuan sembako ini tidak dibenarkan diberikan kepada keluarga yang memiliki pendapatan definitif (resmi) dari Pemerintah sebagaimana yang telah ditetapkan Instruksi Mendagri Nomor, 1 Tahun 2020 tentang : pencegahan penyebaran dan percepatan penaganan Corona Virus Desease 2019 di lingkungan Pemerintah Daerah.

Menindak lanjuti instruksi tersebut Bupati Pemerintah Kabupaten Toba melalui surat Nomor : 169/Pemb/IV/2020 perihal Pendataan Calon penerima BANSOS Jaring Pengaman Sosial.selanjutnya melaksanakan Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk pemberian bantuan Hibah/Bansos dalam bentuk uang dan/atau barang kepada tukang becak, cuci, kusuk dan tukang ojek, pedagang kantin sekolah, buruh bangunan, karyawan yang di PHK, Pedagang kaki lima, tukang pangkas, buruh tani, petani penggarap dan pengasuh tempat penitipan anak.

Dalam surat Bupati menegaskan, bahwa untuk penerima PKH tidak berhak lagi untuk menerima sembako dari Bantuan Sosial yang akan diberikan akibat dampak Covid-19 juga tidak akan diberikan kepada PNS/TNI/POLRI dan para perangkat desa.

Bupati Toba kepada wartawan menjelaskan, untuk penerima bantuan sosial adalah masyarakat miskin yang benar benar kesusahan akibat dampak sosial dari Covid-19 dan PKH tidak termasuk lagi sebagai penerima Bansos akibat Pandemi Covid-19.

Untuk pembagian selanjutnya di setiap Kecamatan semua data yang masuk untuk penerima Bansos sebelum di salurkan semua data terlebih dahulu di falidasi oleh Tim Petugas Bansos untuk memastikan keakuratan penerima supaya tepat sasaran.

Bupati menegaskan, kepada seluruh masyarakat kabupaten Toba dihimbau supaya bersabar menunggu Bansos yang akan disalurkan.semua yang telah terdata sesuai denga keberdaaan masing masing keluarga akan diberikan. "Pemkab Toba telah ,enyiapkan Bamsos untuk kebutihan 3 bulan kedepan akibat dampak sosial Pandemi Covid-19 ini," tegas Bupati.

Ketua DPRD Kabupaten Toba Efendi P.Napitupulu,SE dalam sambutannya menyampaikan, DPRD Kabupaten Toba mendukung penuh program Bansos yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Toba untuk membantu masyarakat akibat dampak sosial pandemi global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) ya g saat ini sedang melanda Kabupaten Toba secara khusus NKRI.

"Kami DPRD Kabupaten Toba menegaskan kepada Pemerintah Kabupaten Toba secara khusus kepada Tim Petugas pembagi Bansos ini supaya memberikannya dengan tepat sasaran kepada Keluarga miskin atau keluarga yang benar benar tidak mampu dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya akibat pandemi Covid-19 saat ini yang sedang melanda kita,utamanakan masyarakat miskin atau masyarakat ekonomi lemah," tegas Efendi.

Kapolres Tobasa AKBP.Agus Waluyo,SIK menyampaikan, kegiatan pemberian bantuan sosial sembako kepada masyarakat miskin haruslah kepada masyarakat yang benar benar tidak mampu akibat dampak sosial Pandemi Covid-19 TNI/POLRI mendukung penuh.

POLRI dan TNI berharap pada saat pelaksanaan pembagian Bansos sembako diharapkan supaya tidak akan terjadi kesalahan sasaran pembagian. "Hendaknya Bansos tersebut dibagaiakan dengan tepat sasaran," himbau Kapolres yang berdampingan dengan Kajari Tobasa DR.Robinson Sitorus, SH, MM, MH bersama DANRAMIL Balige Kapt.ARH P. Pardede mewakili DANDIM 0210 TU.

Kadis Sosial dr.Raja Ipan Sinurat menyampaikan, semua barang bantuan (Bansos) berupa sembako tetap melalui pendataan Dinas Sosial untuk disalurkan oleh masing masing Tim Tugas.untuk1 paket sembako Bansos diberikan kepada 1 Kepala Keluarga dengan isi Beras 10 Kg, Minyak Goreng 1 Kg, Gula 1 Kg, Mie Instant 1 kardus ditambah, Telor 30 butir/papan.

Pembagian Bansos Sembako tahap pertama di Kecamatan Balige untuk 6 Kelurahan oleh Pemerintah Kabupaten Toba yang dikoordinir oleh Kepala Dinas Sosial dr.Rajaipan Sinurat,M.Kes yang dihadiri langsung oleh Waka Polres Tobasa Kompol Janner Panjaitan,SH. MH, Kajari Tobasa Robinson Sitorus, Mewakili DANDIM 02.10 TU DANRAMIL Balige Kapt.ARH P. Pardede, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toba Chandrow Manurung,SH dan Mangatas Silaen didampingi sejumlah anggota DPRD Kabupaten Toba serta selrurh Kepala SKPD jajaran Pemkab Toba.