TOBA-Bhakti Sosial pelaksanaan pembukaan Dapur Umum oleh Polres Tobasa bersama KODIM 0210.TU dan Pemerintah Kabupaten Toba serta Kejaksaan Negeri Toba Samosir guna menyediakan makanan siap konsumsi bagi masyarakat umum dari semua kalangan.

Dalam pelaksanaan Bhakti Sosial Dapur Umum, untuk sarana fasilitas Dapur umumnya Polres Tobasa bekerja sama dengan Pemkab Toba dengan menggunakan Mobil Dapur Umum milik Dinas Sosial lengkap dengan petugas dapurnya.untuk bahan makanannya semua disediakan oleh Polres Tobasa.

Pelayanan dapur umum kepada masyarakat penempatan dan pembukaan pelaksanaan pertama diawali di halaman mapolsek Balige hari ini Rabu, 15/04/2020 yang akan dilaksanakan sampai 40 hari ke depan.

Untuk Pelayanan Bhakti Sosial Dapur Umum kepada masyarakat pelaksanaannya akan berpindah tempat ke setiap Kecamatan atau Desa yang disesuaikan dengan kondisi masing masing wilayah Kecamatan maupun desa.

"Perpindahan pelayanan dapur umum ini nantinya diutamakan diarahkan ke wilayah yang dirasa memang benar benar sangat membutuhkan.perpindahan nanti akan bekerja sama dengan pemerintah Kecamatan dan Desa maupun Kelurahan untuk penempatan titik lokasi pelayannan dapur umum kepada masyarakatnya," ungkap Kapolres Tobasa AKBP. Agus Waluyo,SIK kepada media saat di wawancarai wartawan di lokasi Dapur umum Polsek Balige.

Kapolrea Tobasa menegaskan, tujuan penyediaan Dapur umum ini untuk berbagi kasih dalam penyediaan makanan yang dilengkapi dengan lauk dan sayurnya dengan porsi sederhana serta siap di konsumsi oleh warga masyarakat ditempat.

Lanjutnya, pelayanan dapur umum ini untuk membantu dan meringankan beban para warga yang benar benar sangat membutuhkannya akibat dampak yang ditimbulkan oleh wabah pandemi global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang saat ini sedang melanda wilayah Kabupaten Toba secara khusus NKRI.melihat dari dampak yang ditimbulkannya oleh Pemerintah Pusat telah ditetapkan sebagai Bencana Nasional Non Alam.

"Makanan yang disiapkan di dapur umum diberikan bagi masyarakat Balige dan sekitarnya yang memang benar benar sangat membutuhkannya dan hadir dilokasi Dapur umum untuk dilayani makan siang dan makan malam, untuk makan siang disediakan 350 porsi dan makan malam juga sebanyak 350 porsi," ungkap Kapolres.

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Balige dan sekitarnya yang memang sangat membutuhkan silahkan datang ke Dapur Umum ini untuk makan siang dan makan malam sesuai dengan jadwal waktu makannya.semua masyarakat yang hadir akan dilayani dengan baik, tetapi tetap mengikuti aturan protokoler kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintan dalam percepatan penanganan dan memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19," himbaunya.

Hadir dalam pembukaan pelayanan dapur umum kepada publik oleh Kapolres Tobasa didampingi Waka Polres Kompol. Janner Panjaitan,SH.MH, Kabag Ops Kompol Efendi Sinaga Kapolsek Baloge AKP. JP.Aruan, Kasat Intel AKP. Rajaguguk, dan dihadiri langsung oleh Bupati Toba, Ir.Darwin Siagian, Kejari Tobasa DR.Robinson Sitorus,SH.MM,MH, Sekda Drs. Audhi Murphy O.Sitorus,SH.M.Si, Kadis Sosial dr.Raja Ipan Sinurat, M.Kes, Camat Balige Pantun Josua Pardede,SSTP, Kabag Humas Robinson Siagaan, Kapten Arh P. Pardede mewakili Dandim 0210.