SAMOSIR-Sebagai bentuk kepedulian terhadap pandemi Corona virus disease (Covid-19), Kepolisian Resort Samosir siapkan dapur umum untuk melayani kebutuhan makanan bagi masyarakat Palipi di Desa Sigaol Simbolon, mulai, Rabu (15/4/2020) mendapat apresiasi dari Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

Kepala Kepolisian Resort Samosir, AKBP M. Saleh menjelaskan, dapur umum itu disediakan bagi masyarakat Palipi selama 2 hari dan akan berpindah di wilayah Polisi Sektor (Polsek) lainnya 5 hari kedepan.

"Ditengah krisis pandemi Covid-19 ini, kita harus saling bahu membahu dalam penanganannya, sehingga masyarakat tidak goyah dan mampu bertahan," kata Saleh.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengucapkan terima kasih atas partisipasi Polres Samosir terhadap masyarakat dalam menghadapi wabah Corona (Covid-19). Menurutnya, kegiatan itu merupakan bentuk perhatian dan persaudaraan sejati kepada masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan gagasan atau ide yang sangat bagus, sehingga ada kepecayaan diri bagi masyarakat dan masyarakat merasa diperhatikan, karena kita hadir untuk masyarakat," ujar Bupati.

Selain itu, Rapidin juga nengapresiasi kinerja TNI/Polri bersama Pemerintah Kabupaten sebagai garda terdepan pengawasan disetiap gerbang atau pintu masuk menuju Samosir.

Walau hingga kini belum ada yang positif Covid-19 di Samosir, Bupati tetap menghimbau masyarakat, agar tetap menuruti himbauan pemerintah.

"Lebih baik kita mencegah untuk menghindari virus Corona. Untuk itu, mari tetap menjaga jarak, mengurangi kegiatan yang tidak perlu, serta menggunakan masker dan rajin cuci tangan, terlebih waspada terhadap pendatang," himbau Rapidin.

Tidak lupa, Rapidin berpesan, agar masyarakat tetap percaya diri, tidak panik. Dengan demikian, imun tubuh tetap terjaga. Dan disamping itu, pemerintah bersama TNI/Polri akan selalu siap membantu.

Tidak hanya Bupati, Ketua DPRD Samosir, Saut Tamba juga turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Samosir yang sudah menginisiasi dapur umum untuk melayani kebutuhan masyarakat Samosir.

"Ini merupakan upaya yang luar biasa. Harapan kita bersama, pandemi ini cepat selesai. Saatnya kita melakukan, serta memberikan sesuatu untuk keselamatan bersama," kata Saut Tamba.

Sebelum menerima bantuan makanan siap saji dari dapur umum, masing-masing masyarakat wajib cuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Ditempat dapur umum juga dilakukan pengukuran suhu tubuh oleh petugas medis Polres Samosir.

Turut hadir dalam kegiatan hari pertama, Danramil 03 Pangururan-Kodim 0210/TU, Kapten Inf. Donald Panjaitan, Asisten II Saul Situmorang, Kepala Bappeda Rudi Siahaan, Kadis Kominfo Rohani Bakkara, Kepala BPBD Mahler Tamba, Kadis Pendidikan Ricardo Hutajulu, dan Kabag PKP, Hartopo Manik.