TEBINGTINGGI-Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan di sekitar lingkungan tempat tinggal pasien dalam pengawasan (PDP) yang telah dinyatakan positif terjangkit Covid-19, Selasa (14/4/2020).

Penyemprotan cairan disinfektan kali ini menggunakan 2 unit mobil pemadam kebakaran. Cairan disinfektan disemprotkan di badan jalan serta halaman rumah warga dengan radius sekitar 500 meter dari tempat tinggal pasien positif Covid-19.

Sebelumnya dilaporkan bahwa seorang warga Kota Tebing Tinggi dinyatakan positif terjangkit Covid-19 berdasarkan hasil swab tenggorok yang dikeluarkan Batlibangkes. Kasus tersebut pun menjadi kasus pertama positif Covid-19 di Kota Tebing Tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan sekaligus juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tebing Tinggi, Nanang Fitra Aulia, mengatakan Pemerintah Kota Tebing Tinggi telah melakukan berbagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Salah seorang dari warga kita positif Covid-19 dan saat ini sedang dirawat di rumah sakit. Mari sama-sama kita berdoa semoga sahabat kita teman kita keluarga kita tersebut dapat sehat dan terbebas dari Covid-19. Ini menjadi sebuah pelajaran yang sangat berharga bagi kita bahwa penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan di mana saja," ujar Nanang.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tebing Tinggi hingga 14 April 2020 jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 584 orang, PDP 8 orang dan 1 orang PDP dinyatakan positif.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tebing Tinggi mengingatkan warga agar tetap mematuhi segala imbauan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.